hut

Pemkot Palembang Tekankan Guru Didik Karakter Siswa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PALEMBANG – Era modern memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik untuk mencegah melencengnya kepribadian siswa ke arah yang negatif.  Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang menekankan guru untuk memberikan pendidikan karakter.

Kepala Bidang SD, Disdik Kota Palembang, Bahrin, mengatakan, penerapan K13 khususnya untuk sekolah dasar (SD) lebih ditekankan pada pendidikan karakter. Dalam proses belajar mengajar, persentase pendidikan karakter mencapai 80 persen untuk setiap mata pelajaran. Sedangkan untuk ilmu pengetahuan hanya 20 persen.

“Kalau untuk tingkat SD, persentase pendidikan karakter memang lebih besar. Mengingat pada usia itulah budi pekerti seorang anak dibentuk,” bebernya, Kamis (27/6/2019).

Karena itu, lanjut dia, peran guru dalam memberikan pelajaran kepada anak didik dituntut harus lebih aktif, kreatif dan inovatif.

”Guru merupakan garda paling depan dalam implementasi K13. Sehingga dibutuhkan SDM yang handal, yang mampu menciptakan peserta didik menjadi calon generasi penerus yang berakhlak,” tegasnya.

Terlebih dalam K13 ini, lanjut Bahrin, ada pendidikan karakter sehingga diharapkan peserta didik memiliki karakter yang baik.

”Karakter yang baik akan berujung pada peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik pula,” ungkapnya.

Dirinya berharap, melalui kurikulum tahun 2013 (K13), pemerintah ingin menjadikan pendidikan karakter sebagai prioritas utama. Sehingga K-13 sering disebut sebagai kurikulum berkarakter.

Lihat juga...