hut

Pemprov DKI Siap Sambut Arus Balik Peserta Mudik Gratis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko saat di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2019). - Foto: Lina Fitria

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menyambut arus balik peserta mudik gratis yang pulang sejak Sabtu (8/6/2019).

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan armada bus dan truk pengangkut sepeda motor bagi warga yang hendak kembali ke Ibu Kota.

“Petugas Dishub Provinsi DKI Jakarta sudah stand by di 10 terminal pemberangkatan dan intens bekerja sama dengan Dishub setempat agar memastikan layanan untuk masyarakat ini berjalan optimal,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko, melalui keterangan tertulis, Minggu (9/6/2019).

Menurut Sigit, bus angkutan balik akan menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang. Di sana, PT Transjakarta sudah menyiapkan shuttle untuk mengangkut pemudik ke terminal-terminal di wilayah masing-masing.

“Layanan shuttle gratis ke terminal-terminal di DKI Jakarta, seperti Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Kampung Melayu, Rawamangun, dan lain-lain dengan cukup menunjukkan tiket mudik gratisnya saja. Hal ini untuk memastikan bahwa layanan lanjutan bagi masyarakat dapat diakses 24 jam,” ujar Sigit.

Selain itu, kata Dishub, pihaknya sudah bekerja sama dengan Transjakarta dalam memberikan layanan lanjutan berupa shuttle gratis ke terminal-terminal di DKI Jakarta.

“Dishub Provinsi DKI Jakarta juga bekerja sama dengan Transjakarta untuk memberikan layanan shuttle gratis ke terminal-terminal di DKI Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, untuk truk pengangkut sepeda motor juga telah diberangkatkan dari 10 kota tersebut, dengan total sebanyak 26 truk.

“Dari Ciamis 1 truk, Kuningan 1 truk, Tegal 2 truk, Pekalongan 3 truk, Semarang 3 truk, Kebumen 3 truk, Solo 4 truk dan 1 cadangan, Yogyakarta 4 truk, Wonogiri 3 truk, dan Jombang 1 truk,” jelasnya.

Adapun jumlah penumpang dalam arus balik yang difasilitasi oleh Dishub Provinsi DKI Jakarta melalui program ini sebanyak 9.657 orang dengan menggunakan 222 bus.

Total, ada 9.657 pemudik yang dilayani dengan 222 bus. Pemudik diberangkatkan dari kota asal Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang. Selain bus untuk pemudik, DKI juga menyediakan truk untuk motor pemudik.

Sebelumnya diberitakan, program mudik gratis ini pertama kali diselenggarakan Pemprov DKI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 17.427 warga DKI Jakarta dalam kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Ribuan warga ber-KTP DKI tersebut diberangkatkan menggunakan 354 bus menuju 10 wilayah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Anies menyebutkan, kegiatan mudik gratis ini merupakan bentuk apresiasi Pemprov DKI kepada warga pendatang yang telah menggerakkan perekonomian Jakarta dan aktif membayar pajak.

Lihat juga...