Pemprov Sumbar Gelar Salat Idul Fitri, Besok

Editor: Koko Triarko

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, melaksanakan salat Idul Fitri 1440 Hijriah pada Rabu (5/6) di Halaman Kantor Gubernur setempat. Akan berperan sebagai khatib, Hakim Agung MA, Dr. H. Amran Su’aidi, MH., MA, MM., yang merupakan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI. 

Kepala Bagian Bina Mental Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumatra Barat, Karimis, mengatakan pelaksanaan salat Idul Fitri 1440 Hijriah digelar esok, setelah adanya hasil sidang isbat yang menetapkan, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu (5/6). Untuk itu, agar pelaksanaan Idul Fitri lebih khidmat, kepada khatib diminta tidak membawakan isi ceramah berbau politik.

Kepala Bagian Bina Mental Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Rakyat, Setdaprov Sumatra Barat, Karimis/ Foto: M. Noli Hendra

“Ini juga sesuai dengan pernyataan Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kepada khatib, tidak diperbolehkan menyampaikan isi ceramah yang berbau politik. Jadi, kita di Pemprov Sumatra Barat telah menerima bahan ceramah, dan dipastikan tidak berbau politik,” katanya, Selasa (4/6/2019).

Menurutnya, salah satu alasan meminta kepada khatib agar tidak menyampaikan materi ceramah berbau politik, untuk menghindari munculnya gejolak konflik pascapilpres 2019. Untuk itu, diharapkan betul, khatib bisa menyampaikan materi ceramah lebih seputar ukhwah islamiyah, dengan harapan dapat menyatukan kedamaian.

“Tidak hanya untuk khatib di halaman Kantor Gubernur Sumatra Barat, kepada seluruh khatib, khususnya di Sumatra Barat, agar tidak menyampaikan materi ceramah yang berbau politik. Jika ada yang nekat, bisa ditegur langsung oleh pengurus masjid atau pun panitianya,” ujarnya.

Karimis menyatakan, di Sumatra Barat bisa dikatakan setiap khatib yang bertugas tidak bakal mengambil isi ceramah berbau politik tersebut. Karena di Sumatra Barat, termasuk daerah yang cukup kondusif pascapilpres 2019. Apalagi telah disampaikan, agar tidak menyampaikan ceramah yang berbau politik.

“Kita dalam pelaksanaan salat Idul Fitri tiap tahunnya sejauh ini belum pernah ada materi ceramah berbau politik. Karena memang sebagian besar jemaah itu Aparatur Sipil Negara, dan sebagian kecilnya adalah masyarakat di Padang,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan salat Idul Fitri di Halaman Kantor Gubernur Sumatra Barat ini, diperkirakan jumlah jemaah mencapai setengah juta orang. Salat akan dimulai pukul 08.00 WIB.

Namun, jemaah diminta hadir pukul 07.30 WIB, karena ada Laporan Ketua PHBI Sumatra Barat dan sambutan dari Gubernur Sumatra Barat, sebelum salat Idul Fitri dimulai.

Ia menyebutkan, mengingat kondisi cuaca besok belum dipastikan akan cerah atau hujan di pagi hari, maka Pemprov Sumatera Barat telah menyediakan tempat pelaksanaan salat Idul Fitri alternatif, yakni di Masjid Raya Sumatra Barat.

Di masjid ini, bila nanti dijadikan tempat pelaksanaan salat Idul Fitri, dipastikan dapat menampung jemaah yang datang bergabung dengan Pemprov Sumatra Barat.

“Kita tidak hanya mempersiapkan pelaksanaan salat Idul Fitri, untuk pelaksanaan malam takbiran juga telah ada kegiatan yang dilakukan nanti malam, yang dipusatkan di Kota Padang,” jelasnya.

Untuk itu, pada malam takbiran nanti, Pemprov Sumatra Barat akan ikut memeriahkan pelaksanaan malam takbiran, yakni dengan menanti arak-arakan Pawai Takbiran yang berkeliling di wilayah Kota Padang, usai salat Isya.

“Jadi yang bertindak sebagai imam pada pelaksanaan salat Idul Fitri besok ialah H. Dasrizal, MA, dosen dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Beliau juga adalah juara MTQ Internasional,” ungkapnya.

Karimis juga mengatakan, untuk pelaksanaan salat Idul Fitri 1440 Hijriyah di Halaman Kantor Gubernur, telah dilakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan dishub, karena jalan protokol, yakni jalan Jenderal Sudirman Padang, persis di depan Kantor Gubernur akan tutup, karena akan dijadikan lokasi salat Idul Fitri.

“Nantinya pengendara bisa mengikuti arahan pengalihan jalan oleh pihak kepolisian, sebagai jalan alternatif agar bisa mencapai pusat kota. Jalan diperkirakan tutup hingga pelaksanaan salat Idul Fitri selesai, yang diperkirakan paling lama pada 10.00 WIB,” tegasnya.

Lihat juga...