hut

Pemudik di Merak Terserang Ispa dan Kelelahan

atusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke pulau Sumatera antre masuk kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019) dinihari. Penumpukan kendaraan roda empat dan roda dua terjadi di tiap dermaga Pelabuhan Merak - Foto Ant

MERAK – Ratusan pemudik di Pelabuhan Merak Banten, yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung terserang Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) dan kelelahan.

Banyak yang harus mendapatkan perawatan di Posko Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten. “Ada 188 pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan, mayoritas terserang ISPA sedangkan sisanya pemudik pejalan kaki dan penumpang kendaraan roda dua yang mengalami kelelahan,” kata petugas Posko Kantor Kesehatan Pelabuhan, Endang S Anwar, saat memberikan penjelasan pada Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, di Pelabuhan Merak, Sabtu (1/6/2019).

Menteri Kesehatan Nila Moeloek, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, melakukan kunjungan ke Pelabuhan Merak Banten, Sabtu (1/6/2019).

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, meminta pemudik baik penumpang kendaraan dan pejalan kaki, agar memanfaatkan posko kesehatan yang telah disediakan. Mereka bisa memanfaatkan untuk memeriksakan kesehatan. “Kita di Pelabuhan Merak ini sudah menyiapkan tujuh posko kesehatan, dokter dan tenaga medis kita siagakan, jadi manfaatkan,” ujarnya.

Pemudik di Pelabuhan Merak, Banten, hingga Sabtu (1/6/2019) terus berdatangan. Namun, semuanya berjalan lancar baik saat masuk ke pelabuhan, maupun menuju dermaga yang tersedia. Pantauan lapangan, di Merak, Banten, menunjukkan meski terjadi antrean, namun tidak terjadi penumpukan ataupun kemacetan di pelabuhan penyeberangan tersebut.

Sementara berdasarkan data dari ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan) Merak, dalam 24 jam terakhir, jumlah pemudik yang menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak telah mencapai 135.345 orang. “Berdasarkan data selama periode Jumat (31/5/2019) pukul 08.00 WIB hingga Sabtu (1/6/2019) jam 08.00 WIB jumlah pemudik yang telah kami seberangkan sebanyak 135.345 orang,” kata GM ASDP Cabang Merak, Solikin.

Untuk melayani penyeberangan para pemudik yang merayakan Lebaran di berbagai daerah di Sumatera, ASDP Merak mengoperasikan 38 armada kapal dengan 127 pelayaran. Untuk jumlah kendaraan yang diseberangkan ke Sumatera, roda dua mencapai 14.973 unit, rodal empat dan campuran 15.101 unit. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!