Pendaftar Membeludak, Server PPDB di Sulsel “Offline”

MAKASSAR – Server E-panrita, ppdbsulsel.epanrita.net, yang digunakan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Sulawesi Selatan, Selasa (25/6/2019) mengalami offline.

Kondisi tersebut dikarenakan, pendaftar yang mengakses di hari pertama pendaftaran membeludak. Kondisi tersebut, dijadwalkan akan berlangsung selama satu kali 24 jam.

“Sehubungan dengan tingginya intensitas pendaftaran pada hari pertama, maka untuk sementara pendaftaran dan verifikasi calon peserta didik ditunda 1×24 jam dalam rangka sinkronisasi dan konsolidasi data. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis pengumuman saat mengakses server E-panrita di komputer SMAN 5 Takalar, Selasa (25/6/2019).

Pengumuman Disdik Sulsel pada halaman server E-panrita di komputer SMAN 5 Takalar. Ini mengakibatkan sekolah ini tidak memberikan pelayanan verifikasi berkas calon siswa karena server E-panrita sedang offline, Selasa (25/06/2019) – Foto Ant

Berdasarkan pantauan, beberapa calon siswa yang didampingi orangtuanya di sekolah tersebut, harus kembali dengan tangan kosong. Mereka tidak bisa mengakses server. Sementara pihak sekolah, memasang pengumuman dari Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel di monitor komputer. Hal itu untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat yang akan mendaftarkan sekolah.

Pada hari pertama, pendaftar sistem zonasi di SMAN 5 Takalar mencapai 92 orang. Terdiri dari sistem zonasi 81 orang dengan rincian laki-laki 24 orang dan perempuan 57 orang. Sedangkan dari program afarmasi ada 11 orang.

Terpisah, Kepala SMKN 8 Makassar, Dr Asnah Baharuddin M Pd, membenarkan informasi server yang offline. Informasi diterima melalui percakapan whatsapp. Meski demikian, SMKN 8 Makassar, tetap memberikan pelayanan kepada calon siswa. Mereka menerima data calon siswa yang telah mendaftar online. Hal itu, sekaligus dimanfaatkan untuk mem-back up data pendaftaran online.

Dari semua data calon siswa yang telah diverifikasi sebelumnya, ada sekira 150 calon siswa yang telah mendaftar. “Kami tetap melayani, kita ada data manual, jadi saya tetap data yang mau kumpulkan berkasnya. Hanya saja memang tidak bisa disinkronisasi. Jadi yang mendaftar semalam itu kami terima berkasnya dan jika server sudah mulai on, maka biarlah panitia di sini yang langsung lakukan singkronisasi data,” jelasnya.

Pelaksanaan PPDB Sistem Zonasi dan aframasi di Sulsel, dijadwalkan akan berlangsung antara 24 Juni hingga 28 Juni 2019. Sebelumnya, sistem prestasi dan perpindahan orangtua, digelar pada 17 Juni hingga 21 Juni, dan pengumuman hasil seleksi pada 22 Juni.

Lihat juga...