hut

Pendaftaran Beasiswa Calon Mahasiswa di Sikka Membeludak

Editor: Mahadeva

MAUMERE – Pendaftaran calon penerima beasiswa dari Pemkab Sikka Membeludak. Mereka adalah pelajar asal Kabupaten Sikka, yang hendak kuliah di tiga kampus yang sudah bekerjasama dengan pemerintah daerah tersebut.

Para calon mahasiswa tersebut juga dibuat bingung, saat mendaftarkan diri dan mengisi formulir pendaftaran. “Tadi kami mau mendaftar di kantor bagian Kesra Setda Sikka. Tetapi pegawai disana memberitahukan tidak ada pendaftaran beasiswa bagi calon mahasiswa asal Kabupaten Sikka,” sebut Patrisius Nong, salah seorang calon mahasiswa, Selasa (11/6/2019).

Setelah sempat bertanya ke sejumlah orang, akhirnya Patris mendaftarkan diri ke Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka. “Saya bersama beberapa teman yang sudah menunggu di bagian Kesra pun segera menuju ke bagian Humas. Ternyata sudah banyak calon mahasiswa yang mendaftarkan diri mereka,” sebutnya.

Kristina Bura, seorang ibu rumah tangga yang menghantarkan anaknya mendaftarkan diri untuk memperoleh beasiswa, menyebut, pegawai di bagian Kesra Sikka tidak mengetahui agenda pendafataran calon penerima beasiswa.

Kristina mengaku kaget, karena banyak calon mahasiswa yang mendaftarkan diri. Sementara menurutnya, seharusnya hanya calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu dan anaknya berprestasi yang boleh mendaftar. “Tadi saya melihat banyak anak-anak pegawai negeri juga ikut mendaftar sebagai penerima beasiswa. Kalau begini caranya kasihan kalau kami petani ini, apakah bisa anak kami diterima mendapatkan beasiswa?” tandasnya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sikka Even Edomeko.Foto : Ebed de Rosary

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka, Even Edomeko, mengatakan, sejak awal saat pendaftar belum banyak pihaknya yang menerima pendaftaran calon penerima beasiswa. “Sejak awal saat hanya saat beberapa  orang yang datang minta tolong, kami yang ditugasi mengeksekusi disposisi Bupati. Ada calon mahasiswa yang langsung kami antar ke kampus untuk mengetahui persyaratan yang diminta,” ungkapnya.

Setelah ada pengumuman pemberian beasiswa dari Pemkab Sikka, maka Humas dan Protokol Setda Sikka yang menerima pendaftaran. Ini agar tidak ada data yang tercecer, karena ada calon mahasiswa yang sebelumnya telah mendaftar di Humas. “Kalau pelamar sudah genap sebanyak 380 orang sesuai kuota yang ditetapkan untuk kuliah di kampus Unipa Maumere, IKIP Muhammadiyah dan Cristo Re, maka kami akan melaporkan kepada bupati. Selanjutnya bupati yang akan mendisposisikan ke Bagian Kesra untuk urusan selanjutnya,” terangnya.

Lihat juga...