hut

Pendaftaran Lelang Jabatan Lingkup Pemkot Ambon, Diperpanjang

AMBON — Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku, memperpanjang waktu pendaftaran lelang jabatan pimpinan tinggi pratama untuk tiga jabatan strategis.

“Waktu pendaftaran tiga jabatan strategis diperpanjang hingga tanggal 20 Juni 2019, karena yang mendaftar belum mencukupi kuota yang ditetapkan,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan SDM Kota Ambon, Benny Selanno di Ambon, Selasa (18/6/2019).

Ia mengatakan, pendaftaran dibuka sejak 15 Mei 2019 untuk jabatan tinggi pratama seperti Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah(BKAD), Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Proses pendaftaran, katanya, untuk jabatan kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan telah mendaftar empat orang pejabat.

Sedangkan Dinas Pemuda dan Olahraga yang mendaftar baru dua orang, sedangkan syarat harus didaftarkan empat orang pejabat.

“Jabatan Dispora yang mendaftar baru dua orang karena itu kita harus penuhi syarat kuota empat orang, sehingga kita akan memperpanjang waktu pendaftaran 10 hari,” ujarnya.

Benny menjelaskan, sesuai ketentuan paling rendah harus ada empat orang pada salah satu jabatan, baru seleksi bisa dijalankan.

“Kita akan buka dan kejar sampai ada yang daftar karena seleksi ini terbuka untuk umum baik itu pejabat dari Pemerintah Provinsi Maluku maupun kabupaten kota lainnya di Maluku,” katanya.

Diakuinya, proses seleksi ini tergantung minat para pejabat, pihaknya tidak bisa mendorong eselon tiga atau dua karena semua tergantung kompetensi.

Ia mencontohkan untuk jabatan Kepala Badan Keuangan dan Bappeda, tentunya membutuhkan orang yang memiliki keahlian pengelolaan keuangan dan perencanaan pembangunan.

“Dengan sendirinya jika ada pejabat yang mendaftarkan diri, berarti dia tidak mampu pada jabatan itu, tidak mungkin dirinya mendaftar pada jabatan yang tidak sesuai dengan keahlian dan kompetensi, karena akan sulit pada saat pelaksanaan seleksi, mengingat prinsip the right man on the right place itu yang akan berlaku,” katanya.

Jadwal pendaftaran dan proses seleksi yang ditetapkan pansel yakni pengumuman pendaftaran 13-28 Mei, pengumuman hasil seleksi administrasi 29 Mei, pelaksanaan seleksi terbuka dan penyusunan dan pengolahan hasil seleksi 10 -11 Juni, penyampaian hasil seleksi untuk pansel 12 Juni.

Tahapan lainnya pengujian rekam jejak, wawancara oleh pansel 15 Juni, penyusunan hasil pansel 17 Juni dan penyampaian hasil pansel ke PPK pada 19 Juni 2019. (Ant)

Lihat juga...