hut

Penerimaan Zakat di Siak Lampau Target Rp2,1 Miliar

SIAK — Kabupaten Siak, Riau, berhasil mencapai target penerimaan zakat sebesar Rp2,1 miliar pada tahun ini, dan telah disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Bupati Siak Alfedri mengatakan target tersebut dicapai melalui Gerakan Masyarakat (Gema) Siak Berzakat, dan diumumkan menjelang Salat Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Dengan apa yang sudah kita perbuat mulai dari berinfaq, bersedekah, dan mengeluarkan zakat, semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala yang besar,” ucapnya di Siak, Rabu (5/6/2019).

Pada kesempatan itu, Bupati Alfedri berbaur bersama ribuan masyarakat kabupaten berjuluk Negeri Istana tersebut untuk melaksanakan Salat Id 1440 Hijriah yang berlangsung di Lapangan Tugu Kota Siak Sri Indrapura.

Dia berharap semangat beribadah dan membantu sesama tidak luntur meski Bulan Ramadhan telah berlalu.

“Dengan berakhirnya Ramadhan, tidak berhenti pula masyarakat untuk salat berjamaah di masjid. Serta mensyiarkan berbagai kegiatan keagamaan lainnya,” ujar Alfedri.

Alfedri yang mewakili Pemerintah Kabupaten Siak, di hadapan ribuan jamaah Salat id juga mengatakan melalui kesempatan yang berbahagia tersebut mengucapkan “Taqobbalallahu Minna Waminkum Barakallahu Fikum”, Mohon maaf lahir dan batin, serta selamat hari raya kepada seluruh umat muslim.

Lebih lanjut, dia mengatakan, sebagai hamba Allah yang dhoif, manusia tentu tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Siak beserta keluarga memohon maaf.

Usai melaksanakan Salat Id, Bupati Siak kemudian melanjutkan acara gelar griya di kediamannya di Jalan Raja Kecik komplek Abdi Peraja Kelurahan Kampung Rempak Siak.

Acara gelar griya atau yang dikenal open house sebenarnya telah dilakukan ratusan tahun silam oleh kesultanan Siak semasa sistem kerajaan.

Open house tersebut bertujuan mendekatkan pemimpin dengan rakyatnya, serta untuk lebih mendengar masukan dari rakyat. (Ant)

Lihat juga...