hut

Perekaman KTP-e di Babel Capai 103 Persen

Ilustrasi -Dok: CDN

PANGKALPINANG – Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencapai 103 persen. Jumlah penduduk dewasa di daerah tersebut ada satu juta jiwa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, bupati dan wali kota yang telah mendukung program kependudukan ini,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di Pangkalpinang, Rabu (19/6/2019).

Jumlah perekaman KTP-e mencapai 103 persen berarti, Bangka Belitung juga telah merekam anak-anak berusia 16 tahun. “Siswa-siswi SMU, SMK, MA berusia 16 tahun sudah direkam, pas usia mereka 17 tahun, baru KTP-e diserahkan kepada siswa tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Dukcapil menggunakan sistem perekaman KTP-e untuk warga bewrusia 16 tahun. Sehingga data geometrik dan wajah warga sudah masuk dalam database. “Kedepannya kita akan memulai perekaman KTP-e dimulai usia 15 tahun, guna mengoptimalkan pelayanan dan masyarakat mudah mendapatkan identitas diri,” tandasnya.

Prestasi tersebut, berkat kerja keras aparatur Dinas Dukcapil kabupaten dan kota, serta dukungan kepala daerah. “Seluruh penduduk Indonesia wajib diberikan identitas. Oleh karena itu, KTP-e hanya satu instrumen saja dari Dukcapil,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti, mengatakan, pihaknya membina aparatur Dukcapil kabupaten dan kota untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. “Aparatur Dukcapil ini harus orang-orang berkompeten untuk mewujudkan pelayanan membahagiakan ini,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...