hut

Pilkades Serentak Lamsel, 435 Calon Kades Siap Bertarung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Sebanyak 435 calon kepala desa di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) siap bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Pilkades serentak direncanakan digelar pada Rabu (26/6/2019) pada 131 desa di 17 kecamatan di Lamsel. Edi Mirza, ketua panitia Pilkades Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan menyebut logistik sudah terdistribusi hingga ke panitia.

Edi Mirza menyebut distribusi logistik Pilkades sudah dilakukan sejak Senin (24/6) dari kabupaten ke kecamatan hingga ke panitia Pilkades.

Edi Mirza, Ketua panitia pemilihan kepala desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan yang akan digelar serentak pada Rabu 26 Juni 2019 – Foto: Henk Widi

Logistik yang sudah tiba di lokasi Pilkades diamankan pada lokasi yang disegel, dijaga oleh petugas termasuk anggota kepolisian. Logistik surat suara yang didistribusikan ke desa diakuinya juga sudah dilipat untuk bisa dipergunakan.

Lokasi pemungutan suara di balai desa juga telah dilengkapi dengan bilik suara serta perlengkapan kelancaran Pilkades.

Desa Pasuruan diakui Edi Mirza menjadi salah satu dari sebanyak 131 desa yang akan menggelar Pilkades serentak. Dari 260 desa yang ada di Lamsel, 3 calon kepala desa akan ikut berkompetisi untuk menduduki kursi kepala desa.

Khusus di Pasuruan dengan sebanyak 8 dusun, tercatat 2.882 daftar pemilih tetap (DPT) dengan tambahan 2,5 persen menjadi 2.954 DPT. Ia memastikan undangan sudah dikirimkan ke warga yang memiliki hak pilih.

“Semua persiapan untuk Pilkades meliputi tempat, logistik serta tata tertib termasuk kelengkapan lain sudah siap digunakan, panitia mengimbau agar warga menggunakan hak pilihnya demi kemajuan desa selama lima tahun mendatang,” terang Edi Mirza saat dikonfirmasi Cendana News, Selasa  (25/6/2019) petang.

Logistik Pilkades yang sudah didistribusikan ke panitia Pilkades Pasuruan disebut Edi Mirza sudah didistribusikan bersama dengan logistik di desa lain.

Sejumlah logistik yang sudah didistribusikan meliputi surat suara sebanyak 834.751 lembar, kotak suara sebanyak 804 buah, tinta sidik jari sebanyak 2.176 botol, bantalan dan paku sebanyak 1.435 buah. Seluruh logistik yang ada di setiap desa akan diamankan juga oleh Babinsa, Babinkamtibmas.

Sementara itu Kapolres Lamsel, AKBP Muhammad Syarhan, mengharapkan semua pihak yang terlibat langsung agar bekerja dengan baik dan meningkatkan kewaspadaan terhadap tingkat kerawanan wilayah jelang Pilkades. Karena setiap wilayah berbeda situasi dan kondisinya sehingga perlu pengamanan yang ditingkatkan.

Pengamanan lokasi serta logistik Pemilu dilakukan oleh personel dari Polsek Penengahan sebelum pelaksanaan Pilkades serentak di Lampung Selatan – Foto: Henk Widi

Ia juga berharap keseriusan, kesungguhan personel dalam mengemban tugas, pengabdian kepada bangsa dan negara, serta menjunjung netralitas dalam pengamanan Pilkades Serentak gelombang III Tahun 2019.

“Saya harap personel Polres Lamsel serta instansi terkait agar bertanggungjawab penuh, berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas dalam pengamanan Pilkades Serentak,” ujar Syarhan.

Syarhan juga memerintahkan seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan tidak meninggalkan desa atau Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebelum dan setelah kegiatan pemungutan suara. Sehingga polisi bisa melakukan pengawalan pada saat desa telah melaksanakan kegiatan pemilihan suara.

Personel polisi bahkan diimbau tetap memantau perkembangan hingga satu hari setelah Pilkades atau hingga Kamis (27/6).

Lihat juga...