Pindang Patin Warnai Ragam Kuliner di Balikpapan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Kuliner berbahan dasar Ikan Laut akan sangat banyak ditemui di kota minyak yaitu Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Bagi warga Balikpapan sangat tidak asing lagi dengan menu ikan bakar, pepes ikan patin dan lainnya yang menjadi menu restoran ataupun warung makan di pinggir jalan.

Anda tentu juga tahu dengan menu yang satu ini Pindang Patin dan Sop Kepala Ikan yang sudah pasti akan sangat mudah ditemui di restoran kota Madinatul Iman.

Menu Pindang Patin juga mewarnai ragam kuliner di Balikpapan dan menjadi menu baru pada salah satu restoran yang terletak di Pinggir Pantai Ruko Bandar. Restoran Oceans ini menampilkan berbagai menu baru dengan bahan dasar Ikan Laut yang menjadi kekhasan Kota Balikpapan.

Elza Syarief yang juga pengacara kondang memperkenalkan pindang patin kepada masyarakat sebagai kuliner alternatif di Kota Balikpapan. Bukan hanya pindang patin yang bisa dinikmati di restoran tersebut, ada juga Pepes Patin Bakar, dan Ikan Bakar Rica.

Pengacara Elza Syarief sedang memasak pindang patin – Foto: Ferry Cahyanti

“Pindang patin ini dimasak dengan bumbu yang sudah sesuai takarannya kemudian dicampur dengan nanas, tomat hijau dan kemangi. Alasan menggunakan nanas karena nanas ini sehat untuk kesehatan dan memiliki rasa khas sebagai menu nusantara,” ungkap perempuan yang sejak kecil memiliki hobi memasak, saat ditemui, Sabtu (15/6/2019).

Untuk resep pindang patin ini, menurutnya, caranya dengan merasakan dan mencoba masakan pindang patin yang istimewa.

“Resepnya agak ngarang sendiri, pindang bisa juga. Masak itu hobi karena sejak kecil sudah sangat disukai,” ucap perempuan yang tak lama lagi akan membuka restoran Jawa Timur Mba Uno di Kota Balikpapan.

Terkait untuk harga menu yang satu ini pastinya sangat terjangkau dan bagi pengunjung yang hobi merasakan kuliner di berbagai daerah, tidak lengkap bila tak merasakan pindang patin pada restoran yang satu ini.

Terpisah, salah seorang yang merasakan kuliner pindang patin, Melan mengungkapkan, rasa ikan patin sangat kental bumbunya sehingga membuat lidah ingin merasakan lagi.

“Rasa manis, asam dan lainnya itu begitu terasa. Ditambah wangi kemanginya juga masih terasa karena dimasukkan pada akhir masakan,” ujarnya usai menikmati pindang patin.

Dia pun sangat mengapresiasi  menu kuliner yang satu ini karena ikan laut sangat tidak membosankan untuk dimasak apa pun. Apalagi dimasak pepes patin bakar yang juga menggoda selera.

“Pepes patin bakarnya juga tak kalah enak. Kalau pengunjung datang bisa juga merasakan menu yang satu ini,” imbuhnya.

Lihat juga...