hut

PLN Bangun Tiga PLTA di Kaltara

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BALIKPAPAN — Mendukung pembangunan di Provinsi Kalimantan Utara, PLN berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air. Pembangunan PLTA tersebut nantinya juga mendukung interkoneksi di wilayah Kalimantan, mulai Kalimantan Barat, Tengah hingga Utara.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan, Machnizon Masri memaparkan, rencana pembangunan PLTA tersebut pada tahun ini telah memasuki masa kajian atau studi untuk mengetahui besaran investasinya dan kajian lainnya.

“Kajian pembangunan PLTA ada di tiga tempat untuk wilayah Kalimantan Utara yaitu PLTA Tabang, PLTA Kayan dan PLTA Kelai. Rencana pembangunan itu sudah sejalan dengan pemikiran provinsi dan RUPTL PLN Kaltimra,” ucapnya.

Dia memastikan listrik yang dihasilkan dari tenaga air ini akan dimanfaatkan untuk kalangan industri yang berkembang di Kaltimra.

“Target kita untuk industri bukan rumah tangga, dan kapasitasnya 300-400 MW. Kalau rumah tangga mungkin nggak usah dibangun PLTA. Cukup dengan yang ada sekarang ini,” urai Machnizon pada Acara Multi Stakeholder Forum di Balikpapan.

Dia menjelaskan tahun 2021 semua wilayah di Kalimantan akan tersambung atau interkoneksi semua. Kelebihan energi listrik dari PLTA nantinya dapat dijual ke Malaysia yang berbatasan langsung dengan Kalimantan.

“Bisa saja, tergantung perjanjian mereka dengan kita kalau mereka butuh bisa saja,” pungkasnya.

Menurutnya, berdasarkan jadwal kajian mendalam pembangunan PLTA akan masuk dalam interkoneksi Kalimantan pada 2025.

“Sesuai RUPTL. Kalau investasi lagi studi, dari situ baru diketahui berapa kapasitas dan investasi,” sebutnya.

Machnizon menambahkan untuk wilayah Kalimantan pemanfaatan air sebagai bahan utama pembangunan PLTA sudah ada di Riam Kanan, Kalsel. “Kaltim belum ada,” tutupnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!