hut

Polisi Amankan Delapan Pemuda Curi Pipa Gas PLTMG Wairita

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Delapan pemuda yang sebagian besar masih remaja, diduga melakukan aksi pencurian pipa gas yang dipergunakan untuk Pembangkit Lisrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) Wairita, di Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

“Delapan pelaku ini mencuri dua unit  pipa sambung mesin  (pida  gas line) pada Minggu (9/6)  pukul 10.00 WITA, di lokasi PLTMG  Wairita, Desa  Hoder, kecamatan Waigete, yang berjarak belasan kilometer arah timur kota Maumere,”sebut Kapolres Sikka, AKBP Rickson PM Situmorang, S.I.K., Senin (10/6/2019).

Menurutnya, pihak keamanan PLTMG Wairita pada Minggu (9/6) pukul 13.30 WITA, mendatangi SPKT Polsek Waigete. Pelapor bernama Firdaus L. Suban ini melaporkan adanya kasus pencurian pipa di perusahaannya oleh para pelaku.

Kapolres Sikka, AKBP Rickson PM Situmorang, S.I.K. -Foto: Ebed de Rosary

“Setelah mendapatkan laporan dari pihak keamanan perusahaan ke Polsek Waigete, aparat kami langsung melakukan pengejaran. Para pelaku semuanya bisa ditangkap tidak lama setelah dilaporkan,” ungkapnya.

Para pelaku, tambah Rickson, sementara ini ditahan di Mapolsek Waigete, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku akan dijerat dengan pasal tentang pencurian.

Sementara akibat kejadian ini, perusahaan PLTMG Wairita mengalami kerugian Rp200 juta.

“Delapan pelaku ini semuanya laki-laki, yakni AR (38), TF (22), LE (19), MS (20), BR (20), PP (18), FE (15) dan MA (16). Para pelaku berprofesi sebagai petani dan semuanya tinggal di Desa Hoder,” bebernya.

Filipus Nong Olis, karyawan di PLTMG Wairita mengatakan,hari Mingg (9/6) sekitar Jam 10.00 WITA, dirinyamelihat para pelaku membuka atau mencungkil kontainer yang berada di lokasi perusahaan.

“Saya lalu memberitahukan hal ini kepada Brusli dan Rikardus Edison yang bertugas selaku security. Kami lalu menuju ke lokasi pencuri beraksi dan menemukan para pelaku sedang menjalankan aksinya,” sebutnya.

Para pelaku, tambah Filipus, saat ditemui sedang mencongkel kontainer dan merusak kunci atau gembok kontainer. Para pelaku juga mengambil dua buah pipa gas line atau sambungan pipa.

“Setelah mengetahui hal ini, para petugas keamanan langsung berembuk dan melaprokan kasus pencurian ini ke Polsek Waigete, agar kasus ini bisa ditangani secara hukum,” sebutnya.

Filipus mengaku, kasus pencurian ini baru pertama kali terjadi di PLTMG Wairita. Selama ini perusahaan belum beroperasi secara penuh, karena masih ada pekerjaan lainnya dan tahap uji coba.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!