PPDB di Balikpapan Dimulai Serentak 1 Juli

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA, SMP, dan Sekolah Dasar di Balikpapan akan berlangsung 1 hingga 5 Juli 2019.

PPDB digelar serempak, di sejumlah sekolah negeri di daerah tersebut. Beberapa hari lalu, SD dan MI telah mengumumkan kelulusan dan nilai anak didiknya. Diketahui, siswa SD dan MI di Balikpapan lulus 100 persen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Muhaimin – Foto Ferry Cahyanti

Tercatat ada 154 siswa memperoleh nilai 100 untuk mata pelajaran matematika dan IPA. “Siswa dengan nilai tertinggi dapat ikut dalam PPDB melalui jalur prestasi dan untuk PPDB bisa lintas zonasi,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Muhaimin, Kamis (13/6/2019).

Peraih nilai 100 tertinggi dari SD 001 Balikpapan Kota sebanyak 25 siswa, SD 002 Balikpapan Selatan 12 siswa, SD IT BIS sebanyak 10 siswa, SD Nasional KPS dan Kemala Bhayangkari sebanyak tujuh siswa. “Untuk siswa yang mendapatkan nilai 100 masing-masing akan mendapatkan dana pembinaan,” ungkap Muhaimin.

PPDB untuk jalur luar jaringan atau offline, khusus jalur olah raga, inklusif (siswa berkebutuhan khusus) dan anak guru dimulai pada 12 hingga 14 Juni 2019. Untuk Jalur prestasi, kuota yang diberikan lima persen dari 2.688 siswa. Jumlahnya cukup banyak, sekira lebih dari 100 siswa. Jalur prestasi bisa digunakan dimana saja, tidak terbatas pada zona.

Eddy Effendi, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Balikpapan, menyebut, jika siswa berprestasi memilih di dalam zonanya masing-masing, mereka akan mendapatkan tambahan 60 poin. “Untuk memilih dalam zona, poin ini tidak untuk siswa yang memilih di luar zona,” tandas Eddy.

Sedangkan untuk SMK, tidak menggunakan sistem zonasi atau sistem pendaftaran zona bebas. Setiap siswa bisa mendaftar di SMK sesuai dengan kejuruannya. “Kalau SMK tidak ada sistem zona, bebas saja, dengan catatan pilihan pertama dengan penambahan poin tersebut,” tambah H. M Syukri, Ketua MKKS SMK Kota Balikpapan.

Jadwal PPDB di Balikpapan, proses verifikasi atau validasi dilakukan 24 hingga 28 Juni 2019. Pendaftaran digelar 1 hingga 5 Juli 2019, pengumuman hasil seleksi dilakukan 8 Juli 2019. Kemudian, untuk daftar ulang 10 hingga 12 Juli 2019. Hari Pertama masuk sekolah tahun ajaran baru dimulai 15 Juli 2019.

Lihat juga...