Puluhan Jurnalis di Bekasi Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Sebanyak 36 wartawan di Kabupaten Bekasi mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Grand Cikarang Hotel, Cikarang Utara. Kegiatan itu terselenggara berkat kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“UKW menjadi kebutuhan para wartawan sesuai amanah Dewan pers. Harapannya agar semakin bertanggungjawab dalam menjalankan tugas di lapangan,” jelas Melody Sinaga, Ketua PWI Bekasi, Rabu (26/6/2019).

Diakui Sinaga bahwa UKW yang dilakanakan PWI Kabupaten Bekasi, merupakan UKW pertama yang terselenggara di wilayah tersebut. Untuk itu dia berharap, kepada seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan lulus sehingga mendapat predikat berkompeten dari Dewan Pers.

“Semoga dalam uji kompetensi hari ini, semua wartawan yang telah mendaftar bisa berkompeten semuanya. Walau memang semuanya itu balik lagi ke penguji,” kata Melody.

Plt Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, saat memberikan sambutan dan memotivasi pekerja pers, sebelum dilaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Bekasi, Rabu (26/6/2019) – Foto: Muhammad Amin

Plt Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, dalam sambutan mengatakan bahwa wartawan itu adalah seseorang yang diharuskan menguasai pesan. Bila pesan yang disampaikan baik, maka publik yang mengkonsumsi berita dari wartawan akan menjadi baik.

Begitu pula sebaliknya jika isi pesan yang disampaikan itu buruk, maka berdampak buruk pada publik.

Dia mengatakan, pentingnya uji kompetensi juga tidak terlepas dari maraknya informasi bohong alias hoaks di media sosial. Karena itu, UKW  adalah sarana agar wartawan yang diharuskan melawan hoaks semakin memiliki kredibilitas.

“Coba bandingkan di medsos berita bohong terus berseliweran. Harus ke mana cari referensi kecuali pada media yang telah terverifikasi atau wartawannya yang sudah terverifikasi. Paling tidak dia bisa cek fakta,” jelas Hilman.

Dia pun berterima kasih pada Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah membantu penyelenggaraan UKW. Menurutnya, bantuan kepada wartawan untuk peningkatkan mutu di dunia kerja jauh lebih penting.

“Saya bangga kalau pemda bisa membantu kesejahteraan fisik tapi bagaimana meningkatkan juga kualitas pekerjaan profesi wartawan,” tandasnya.

Agenda UKW ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 26 Juni sampai dengan 27 Juni 2019. Selain agenda UKW, dalam acara juga diselenggarakan acara penyerta yakni seminar jurnalistik.

Lihat juga...