Purbalingga Permudah Perizinan UMKM

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

PURBALINGGA — Memacu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemkab Purbalingga mempermudah layanan perizinan untuk para pelaku usaha. Komitmen ini dibuktikan dengan dibukanya Griya yang khusus membantu pelayanan perizinan.

Adi Purwanto. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Kepala Bidang UMKM Dinkop UKM Kabupaten Purbalingga, Adi Purwanto mengatakan, para pelaku usaha, jika ingin mengurus izin, tinggal datang ke Griya UMKM. Jika semua persyaratan sudah lengkap, dalam hitungan menit izin sudah keluar.

“Jadi Griya UMKM yang berlokasi tepat di sebelah Polres Purbalingga ini, memfasilitasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) melalui aplikasi MyUMKM. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan website Kementwrian Koperasi dan UKM, sehingga prosesnya sangat cepat,” terangnya, Selasa (25/6/2019).

Fasilitas ini diberikan, supaya para pelaku UMKM di Purbalingga semakin aktif mengurus izin usahanya. Selain mudah cepat, fasilitas ini juga diberikan secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

“ Bagi masyarakat yang belum punya izin usaha mikro kecil, diharapkan segera mengurus. Persyaratannya sangat mudah, cukup dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mempunyai email yang aktif. Datang langsung ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang bermarkas di Griya UMKM dan dalam hitungan menit, izin sudah dikantongi,” tuturnya.

Jika persyaratan lengkap dan jaringan internet lancar, maka pengurusan izin UMKM hanya butuh waktu 7 menit saja. Untuk pelaku UMKM yang belum memiliki email, petugas akan membuatkan email yang langsung bisa dipergunakan.

Lebih lanjut Adi menjelakan, sebenarnya program IUMK sudah berlangsung cukup lama, namun pelayanannya melalui kecamatan-kecamatan. Setelah itu baru data dimasukan ke website Kemenkop UKM. Sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

Dengan adanya aplikasi MyUKM, data pemohon izin bisa langsung masuk ke database Kemenkop UKM, sehingga tidak dua kali entry data sebagaimana waktu mengurus izin melalui kecamatan.

“Sejak dibukanya aplikasi ini, sudah ada ratusan pelaku UMKM yang mengurus perizinan IUMK,” katanya.

Pelaku UMKM sekarang ini, wajib memiliki IUMK karena berbagai kegiatan dan fasilitasi dari Kemenkop UKM, seperti untuk mendapatkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan atau bantuan pemerintah baik APBN/APBD, syaratnya harus memiliki IUMK.

Lihat juga...