hut

Puskesmas di Balikpapan Ditargetkan Raih Akreditasi Paripurna

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Puskesmas di Balikpapan ditargetkan bisa memiliki akreditasi Paripurna. Akreditasi tersebut, berkaitan dengan tingkat layanan dan sarana prasarana Puskesmas.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Suheriyono – Foto Ferry Cahyanti

“Pada tahun ini, 15 Puskesmas masuk penilaian re-akreditasi. Termasuk yang sudah akreditasi utama. Karena akreditasi dinilai tiga tahun sekali, dan saat ini sedang dalam penilaian oleh Pemerintah Pusat,” unglap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Suheriyono, Rabu (26/6/2019).

Saat ini, sudah ada tiga puskesmas yang dinilai, yaitu Puskesmas Mekarsari, Pusakesmas Sepinggan dan Puskesmas Klandasan Ilir. “Kalau rumah sakit kita sudah paripurna, seperti Siloam, Hermina,” tukasnya.

Akreditasi Paripurna, merupakan capaian tertinggi dalam tingkatan fasilitas kesehatan. Untuk memperoleh akreditasi, persyaratannya mulai dari sarana prasarana, kompetensi, SDM, hingga tata ruang, semua dinilai. Data yang dimilikinya, di Indonesia baru satu persen puskesmas yang terakreditasi paripurna. Di Bandung disebutnya, dari 80 Puskesmas, baru satu yang terakreditasi paripurna. “Karena memang sulit, baru satu persen se-Indonesia itu yang paripurna,” bebernya.

Dengan kondisi tersebut, diharapkan setiap kecamatan bisa memiliki Puskesmas paripurna. Pemkot akan berupaya mendukung upaya meningkat kualitas sarana dan prasaran kesehatan tersebut. “Khususnya empat puskesmas yang sudah terakreditasi utama, harapannya bisa naik tingkat,” tambah Suheri.

Lihat juga...