Putu Supadma: TMII Merajut Kebhinekaan

Editor: Mahadeva

Direktur Penelitian, Pengembangan, dan Budaya TMII, Putu Supadma Rudana. Foto: Sri Sugiarti.

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berperan memberikan semangat meneguhkan dan merajut kebhinekaan. Apalagi tantangan bangsa Indonesia adalah terjadinya perbedaan dan perpecahan. 

“Dengan hadirnya TMII, sebagai rumah budaya, sudah jelas untuk merajut kebhinekaan. Dalam artian, kita sebagai sebuah bangsa selalu meneguhkan Pancasila, dan kita selalu menghargai,” kata Direktur Penelitian, Pengembangan, dan Budaya TMII, Putu Supadma Rudana, kepada Cendana News, Sabtu (1/6/2019).

Para pemimpin bangsa, bagaimana awalnya mendirikan bangsa Indonesia ini dengan dasar negara yang memang konsepnya jelas. Menjadi bagian sebuah bangsa yang bisa merajut kebersamaan dari Aceh hingga Papua, dari Miangas sampai Rote.

Dalam peringatan hari lahirnya Pancasila, Putu-pun berpesan kepada generasi muda. Tentu yang terpenting menurutnya, adalah tidak hanya memahami Pancasila dalam arti menghapalkannya. “Tetapi kita harapkan semuanya bisa diimplementasikan dalam kehidupam keseharian kita, dari sila pertama sampai kelima,” ujar politisi Partai Demokrat tersebut.

Menurutnya, para pendiri bangsa ingin Indonesia lebih maju. Saling bahu membahu, dan bersinergi menjadi bangsa yang besar sejajar dengan bangsa lain di dunia. Contoh nyata ada di TMII, yang berperan strategis semangat mengimplementasikan dan peneguhkan daripada kebhinekaan.  “Dalam artian, bagaimana Pancasila, tentu dari salah satu pendiri bangsa yaitu Ibu Tien Soeharto dan Pak Harto, telah memberikan pondasi yang baik. Yakni TMII ini wahana pelestarian seni budaya bangsa,” jelas Putu.

Dia berharap generasi muda sebagai penerus bangsa, ke depan terus menarasikan dan mengimplementasikan sebuah semangat pengikat daripada kebhinekaan.

Lihat juga...