hut

Raja Ampat Siapkan Tiga Lokasi Festival Bahari

Destinasi wisata di Yapap Misool Raja Ampat - Foto Ant

WAISAI – Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mempersiapkan tiga lokasi untuk penyelenggaraan Festival Bahari pada Oktober 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo, mengatakan, Festival Bahari 2019 akan dilaksanakan di Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Kampung Sapokren dan Teluk Mayalibit.

Penyelenggaraan Festival Bahari di tiga lokasi tersebut, guna memaksimalkan upaya memberdayakan masyarakat lokal. Utamanya, mereka yang menekuni usaha jasa pariwisata untuk agar bisa mendapatkan peningkatan ekonomi.

Tema festival bahari tahun ini adalah, Eksotis Raja Ampat. Sehingga, masyarakat lokal yang menjaga kelestarian alam perlu diberdayakan, agar pariwisata berkelanjutan dan memakmurkan masyarakat. Di tiga lokasi yang disiapkan untuk penyelenggaraan Festival Bahari, banyak masyarakat yang menekuni usaha Homestay dan speedboat atau kapal kecil transwisata.

Karena itu, konsep Festival Bahari tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Wisatawan yang mengikuti paket tur festival, diharuskan menginap di homestay milik masyarakat lokal, yang ada di Waisai, Kampung Sapokren, Teluk Mayalibit, dan sekitarnya.

Selain itu, dalam perjalanan wisata ke destinasi, wisatawan diharuskan menggunakan speedboat trans wisata Raja Ampat dan longboat milik masyarakat lokal. “Diharapkan Festival Bahari tahun 2019 dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal terutama para pelaku usaha pariwisata,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...