Rasa Pedas Ikan Sepat Khas Padang, Bikin Berkeringat

Editor: Mahadeva

Sajian masakan goreng ikan sepat rasa pedas khas Padang/Foto: M. Noli Hendra 

PADANG – Musim hujan yang tengah melanda Kota Padang, Sumatera Barat, ada goreng ikan sepat cabai merah yang bisa menghangatkan badan. 

Ikan sepat ini apabila, di buat sambal dengan cabai merah, rasa gurih ikan sepat akan mampu menggiurkan selera. Gigitan demi gigitan, yang tercampur dengan cabai merah menemani sepiring nasi, akan mampu membuat nafsu makan jadi bertambah. Apalagi di momen puasa Ramadan, goreng ikan sepat jadi sajian makan berbuka yang cukup favorit.

Lalu, bagaimana cara untuk memasak goreng ikan sepat pedas khas Padang? Mursida, seorang ibu rumah tangga memiliki pengalaman memasak goreng ikan sepat pedas menyebut, mengolah ikan sepat rasa pedas dengan cabai merah tidak sulit. Cara untuk menggoreng ikan sepat, karena secara bentuk ikan sepat memiliki daging tipis. Artinya, untuk menggoreng ikan sepat, tidak perlu terlalu lama, agar tidak gosong. Apabila terlalu lama, akan menghilang rasa enak dari tipisnya daging.

“Di Padang sebenarnya agak mulai sulit untuk menemukan pedagang yang menjual ikan sepat, hal ini dikarenakan tidak begitu banyak masyarakat yang menangkap ikan tersebut. Sehingga memang tidak begitu sering untuk memasak goreng ikan sepat. Meski jarang dimasak, tapi sesekali masak, ludes semuanya dimakan oleh keluarga,” katanya, Sabtu (1/6/2019).

Mursida ibu rumah tangga yang memiliki pengalaman memasak ikan sepat/Foto: M. Noli Hendra

Untuk memasak ikan sepat pedas khas Padang, bumbunya cukup sederhana, cabai merah, bawang merah dan putih, dan garam. Sementara untuk ikan sepatnya, harus dibersihkan terlebih dahulu, dan membuang bagian kepalanya.

Setelah bumbu dan ikan dibersihkan, langkah pertama memasak dengan menggoreng ikan sepat dengan waktu yang jangan terlalu lama. Setelah menggoreng ikan sepat, tumbuklah dengan kasar beberapa bahan untuk mengolah bahan sambal cabai merah hingga menjadi sesuai selera. “Untuk dapat membuatnya lebih mengunggah selera, maka kita juga dapat menyajikannya secara tradisional. Masakan ini sebenarnya akan sangat nikmat apabila ditambah beberapa gorengan dari petai,” ujarnya.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, informasi yang diperoleh Mursida, dengan mengkonsumsi ikan sepat memiliki banyak manfaat. Di antara manfaatnya dapat menjaga daya tahan tubuh. Pada laki-laki, dapat menjaga stamina dan kesetabilan tubuh, sehingga tubuh tidak cepat lelah dan letih.

Meski kerap diasingkan keberadaanya, ikan sepat merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai cukup tinggi, serta digemari oleh warga Kota Padang. “Kalau untuk yang ikan sepat asin, mungkin banyak dijual. Kalau memasak ikan sepat asin tidak jauh berbeda dengan memasak ikan yang masih segar. Soal rasa tentu lebih lezat yang ikan segar. Tapi bagaimana-pun, jika orang Padang yang masak, apapun bahannya, bakal enak dimakan,” jelasnya.

Lihat juga...