Ratusan Peserta Siap Meriahkan Festival Balon Pekalongan

Kepala Divisi Standarisasi dan Sertifikasi Pelayanan Navigasi Penerbangan Teguh Harnomo - Foto Ant

PEKALONGAN – Sebanyak 105 peserta siap memeriahkan kegiatan Festival Balon 2019, yang akan dilaksanakan di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan, Jawa Tengah, 12 Juni 2019.

Ketua Komunitas Sedulur Balon Pekalongan, Priyadi Solihin, mengatakan, minat masyarakat mengikuti Festival Balon, yang ditambat ini cukup tinggi. Jumlahnya mencapai 105 peserta, atau naik dibanding kegiatan yang sama pada di tahun sebelumnya.

Tahun lalu pesertanya hanya sebanyak 38 orang. “Hingga batas akhir pendaftaran, ada 105 peserta siap mengikuti festival balon. Adapun para paserta berasal dari Kota dan Kabupaten Pekalongan serta Kabupaten Batang,” jelasnya.

Festival balon udara, yang digelar pada 2019 akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan dibagi menjadi satu sesi, dan serentak dimulai pukul 05.00 WIB. “Kegiatan akan dilaksanakan serentak mulai pukul 05.00 WIB. Teknisnya, nanti sekali naik ada 105 peserta langsung karena kami sudah mempertimbangkan untuk kapasitas lapangan di Stadion Hoegeng cukup memadai,” jelasnya.

Festival Balon 2019 adalah untuk memeriahkan tradisi Syawalan (sepekan setelah Lebaran). Kegiatan tersebut, biasa dilakukan oleh warga. Festival digelar, untuk memfasilitasi tradisi agar tidak menaikan balon secara liar, yang dapat membahayakan jalur penerbangan.

Manager Humas Airnav Indonesia, Yohannes Sirait, mengatakan, tradisi membuat balon udara untuk memeriahkan Syawalan tetap diperbolehkan. Namun, harus sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan No.40/2018, tentang penggunaan balon udara pada kegiatan budaya masyarakat.

“Oleh karena, untuk memfasilitasi masyarakat, Airnav Indonesia bersama Pemkot Pekalongan akan kembali menggelar Festival Balon tambat (tali) di Kota Pekalongan pada 12 Juni 2019. Pada festival akan menyediakan hadiah Rp70 juta, paket umrah, tiket pesawat, dan beragam doorprize,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...