RI-Mesir Sepakati Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

JAKARTA — Dalam Konsultasi Bilateral RI-Mesir di Kairo, Kamis (27/6), kedua negara menyepakati peningkatan kerja sama ekonomi.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI Desra Percaya sedangkan Asisten Menlu Mesir Urusan Asia dan Kepulauan Pasifik Hani Selim memimpin delegasi Mesir.

Sehari sebelumnya (26/6), telah dilakukan pertemuan teknis persiapan konsultasi bilateral yang melibatkan sejumlah kementerian dan BUMN dari kedua negara.

Dari Indonesia hadir perwakilan dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan PT WIKA.

“Ada banyak perkembangan dalam hubungan bilateral RI-Mesir selama 6 tahun terakhir yang perlu dikonsolidasikan. RI-Mesir perlu duduk bersama untuk memetakan dan menyepakati langkah peningkatan kerja sama bilateral antar kedua negara di berbagai bidang, terutama perdagangan dan investasi,” kata Desra dalam keterangan tertulis KBRI Kairo, Jumat.

Sedikitnya terdapat enam bidang kerja sama yang telah disepakati melalui nota kesepahaman (MoU) dan akan segera dapat ditandatangani di bidang pembentukan Sidang Komisi Bersama, pembentukan Komite Perdagangan Bersama (Joint Trade Committee), kerja sama perikanan, kesehatan, energi dan pertahanan.

Desra menerangkan bahwa kedua negara sepakat untuk mendorong peningkatan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi.

Untuk membuka akses pasar bagi produk ekspor kedua negara, Indonesia dan Mesir sepakat untuk membentuk Studi Kelayakan Bersama (Joint Feasibility Studies) yang bertujuan untuk menjajaki kemungkinan pembentukan Perjanjian Perdagangan Preferential (PTA) RI-Mesir.

Lihat juga...