Ribuan Umat Muslim Padati Tugu Api Pancasila TMII untuk Salat Ied

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

JAKARTA — Ribuan umat Muslim memadati area Plaza Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, menunaikan salat Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu (5/6/2019) pagi.

Tampak hadir, Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, Direktur Umum TMII, Taufik Sukasah, Koordinator Unit Kerja BPP TMII, Diono, dan keluarga bedar TMII. Bertindak sebagai Imam, Ustad Hamim Thohari dan khatib KH Ashari.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo, mengatakan, pelaksanaan salat ied rutin setiap tahun dilaksanakan di Plaza Tugu Api Pancasila TMII. Selain menjadi wahana rekreasi dan edukasi, lokasi wisata yang bangun Ibu Tien Soeharto ini juga menjadi tempat menjalin silaturahmi.

“TMII merupakan wahana rekreasi dan edukasi dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia. Di Lebaran ini sangat bermakna menjalin silaturahmi,” kata Tanri kepada Cendana News ditemui usai salat ied.

Menurutnya, selama bulan Ramadan telah kita jalani dengan keikhlasan, maka untuk sebelas bulan kedepan perlu menjaga hati baik dalam ibadah dan bersikap untuk saling menghargai sesama.

“Momentum lebaran mengajarkan kepada kita hidup saling menghormati dan berbagi kepada sesama. Harapannya di hari yang fitri ini, kita senantiasa hidup dalam kedamaian,” tandas Tanri.

Tanri berharap, TMII dalam pengembangan dan pelestarian budaya menjadikan wahana toleransi dan kerukunan iman, persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga TMII selalu bermanfaat untuk kehidupan masyarakat, bangsa dan negara dalam kebhinekaan.

Penggunaan TMII sebagai tempat salat Ied setiap tahunnya. Yakni menurutnya, karena TMII merupakan wahana rekreasi berkonsep terbuka bagi masyarakat. Maka, sudah kewajiban mengajak umat muslim beribadah salat Ied di area TMII dalam merayakan kemenangan dan menjalin silaturahmi.

Usai salat Ied, manajemen TMII berlanjut mengadakan open house di Pedopo Sasono Utomo. TMII juga dioperasikan seperti biasa setelah ibadah salat Ied.

Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo (duduk di depan kedua dari kiri) pada salat Idul Fitri 1440 Hijriyah di Plaza Tugu Api TMII, Jakarta, Rabu (5/6/2019). Foto: Sri Sugiarti.

Dalam suasana fitri, masyarakat yang tidak sempat pulang kampung bisa melepas kangen dengan jalan-jalan ke TMII bersama keluarga.

Afifah Lastri, warga Jati Asih, mengaku sudah dua tahun salat Ied di TMII. Dia bersama suami dan ketiga anaknya sangat senang bisa salat Ied bersama keluarga besar TMII dan umat muslim lainnya.

“Alhamdulillah saya dan keluarga salat Ied TMII, abis shalat selfie dulu untuk kenangan. Inshaallah besok kita balik lagi, berkunjung ke Anjungan Sumatera Barat, suami kangen kampung halamannya. Karena nggak bisa pulang ya,” kata Afifah kepada Cendana News.

Adapun Hadi, mengaku baru kali ini salah Ied di TMII. Ia merasa bangga melihat ribuan jamaah memenuhi area Plaza Tugu Api Pancasila, hingga ke parkiran gedung Sasana Kriya.

“Semoga tahun depan saya bisa salat Ied di TMII lagi ya. Semua warga Jakarta dari berbagai daerah tumpah di sini merayakan kemenangan. Selamat Idul Fitri,” ujar warga Kampung Rambutan ini.

Lihat juga...