Ribuan Warga Banjarnegara Ikuti Tahlil 7 Hari Ani Yudhoyono

Editor: Makmun Hidayat

BANJARNEGARA — Rasa kehilangan mendalam dirasakan masyarakat Kabupaten Banjarnegara atas kepergian ibu negara, Ani Yudhoyono. Sehingga pada 7 hari meninggalnya Ibu Ani, digelar tahlil dan doa bersama di Pendopo Dipayuda, Jumat (7/6/2019) malam.

Acara tahlil yang diprakarsai oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono ini dihadiri seribu lebih masyarakat Banjarnegara dan para tokoh agama, serta tokoh masyarakat. Bupati menyampaikan, sosok Ibu Ani Yudhoyono sangat berkesan bagi masyarakat Banjarnegara dan banyak meninggalkan kenangan.

“Ibu Ani itu sosoknya sangat perhatian, tegas dan mengayomi. Dulu beliau sering mendampingi Pak SBY dalam kunjungan ke Banjarnegara. Bahkan setelah tidak menjabat lagi, beliau masih memberikan perhatian yang lebih. Pada saat Jalan Paweden yang berada di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara ambles, Ibu Ani langsung menginstruksikan Mas AHY untuk ke Banjarnegara guna memberikan bantuan untuk perbaikan jalan, ” kata Budhi Sarwono.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono. – Foto: Hermiana E. Effendi

Jalan Paweden merupakan jalan utama penghubung antara Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Pekalongan. Jalan tersebut juga merupakan jalur utama menuju Dieng. Melihat pentingnya akses jalan tersebut, Ani Yudhoyono yang mendapat laporan tentang kerusakan jalan, langsung menugaskan Agus Harimurti Yudhoyono untuk ke Banjarnegara memberikan bantuan.

Sementara itu ribuan warga Banjarnegara terlihat khusyuk mengirim doa untuk almarhumah Ani Yudhoyono dalam tahlil 7 hari.

Ketua panitia acara, Laksmi Indaryani mengatakan, selaku kader partai, ia sudah lama berencana untuk menjenguk Ani Yudhoyono ke Singapura. Namun, informasi dari pihak keluarga, kondisi di sana saat itu belum diperbolehkan untuk dijenguk banyak orang, karena masih fokus dengan pengobatan.

“Acara peringatan 7 hari ini merupakan acara spontan dan ternyata yang hadir diluar ekspektasi, sangat banyak. Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada masyarakat Banjarnegara,” tuturnya.

Laksmi mengatakan acara tahlil 7 hari di Banjarnegara ini sudah atas ijin keluarga Cikeas. Rencananya pada 40 hari nanti juga akan digelar acara serupa.

Tahlil 7 hari wafatnya Ani Yudhoyono ini juga diramaikan dengan seribu cahaya lilin, dimana masyarakat yang hadir ssmua menyalakan lilin dan di tengah temaram cahaya lilin, salah satu seniman Purbalingga membacakan puisi.Acara doa untuk Ibu Ani Yudhoyono ini berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.

Lihat juga...