Sebanyak 424 Narapidana di Sulbar Dapat Remisi Idul Fitri

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulbar Harun Sulianto - Foto Ant

MAMUJU – Sebanyak 424 narapidana di Sulawesi Barat diusulkan mendapatkan remisi atau pemotongan masa hukuman Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawsi Barat (Sulbar), Harun Sulianto, mengatakan ke-424 narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi ke Ditjen Pemasyarakatan tersebut berasal dari tujuh Lapas dan Rutan di daerah itu. “Besarnya remisi yang diusulkan antara 15 hari sampai enam bulan,” kata Harun Sulianto, Sabtu (1/6/2019).

Dari 424 narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi, terbanyak narapidana dari Lapas Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, yakni 196 orang. Kemudian dari Rutan Mamuju 94 orang dan 63 orang dari Rutan Pasangkayu.

Untuk mendapatkan remisi, narapidana harus sudah menjalani masa hukumannya minimal enam bulan sejak di tahan. Serta berkelakuan baik selama enam bulan terakhir. Saat ini, terdapat 947 narapidana yang menghuni Lapas dan Rutan di Sulbar. “Sebanyak 55 orang di antaranya narapidana dan tahanan perempuan dan terbanyak penghuni adalah kasus narkotika,” kata Harun Sulianto.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sulbar, H Anwar, mengatakan, dari 424 narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi, sebanyak empat orang di antaranya akan langsung bebas.

Saat diusulkan, sisa pidananya tinggal satu bulan. “Narapidana yang langsung bebas Itu merupakan narapidana yang sisa masa hukumannya sebentar lagi. Sehingga, ketika mendapatkan remisi, masa hukumannya langsung habis. Karena dapat remisi satu bulan, makanya bebas. Jadi saat diusulkan sisa pidana sudah mendekati bebas,” pungkas Anwar. (Ant)

Lihat juga...