hut

Sebuah Mobil Tercebur ke Laut dari KMP Nusa Putera di Selat Sunda

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Insiden kecelakaan laut, terjadi di alur pelayaran lintas Bakauheni-Merak, Selasa (18/6/2019). Sebuah kendaraan pribadi bernomor polisi B 1087 CKB, tercebur ke laut di alur keluar Pelabuhan Bakauheni.

Kapal tercebur dari KMP Nusa Putera, yang bertolak dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak. Lokasi jatuhnya kendaraan di sekitar Pulau Prajurit dan Pulau Sangiang, yang berjarak enam mil dari Pelabuhan Bakauheni.

Roi Mayer, Komandan Regu II PT Putera Master Sarana Penyeberangan – Foto Henk Widi

Roi Mayer, Wakil komandan Regu A mengatakan, mobil tersebut dikemudikan oleh Samsul, warga Cikokol, Kota Tangerang. Mobil tersebut tercebur dari kapal yang dinahkodai Kapten Muhamad Nur, sekira pukul 15.40 WIB, tidak lama setelah kapal bertolak pada pukul 15.12 WIB.

Posisi kendaraan berada di upper deck, di dekat pintu side ramp. Saat kejadian, diduga kapal menabrak reling saat berjalan mundur. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Saat ini pihak terkait masih melakukan penyelidikan terhadap insiden tersebut. “Kami masih mengumpulkan keterangan kejadian, termasuk untuk penanganan lanjutan terkait asuransi dari petugas Jasa Raharja, sesuai dengan golongan kendaraan,” ungkap Roi Mayer kepada Cendana News, Selasa (18/6/2019).

Sesuai data yang dihimpun, muatan KMP Nusa Putera dari Bakauheni memuat 123 unit kendaraan. Pelayanan kapal yang ada di dermaga VI, membuat kapal tersebut tidak mengangkut penumpang pejalan kaki.

Kepala Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (DPC Gapasdap) Cabang Bakauheni, Warsa, menyebut, sudah mendapat laporan terkait insiden tersebut. “Informasi awal mobil kecebur ke laut terkait detail kronoligis silakan dipastikan kepada perusahaan pemilik kapal,” papar Warsa.

Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Bakauheni, Ferry Hendry Yamyn, menyebut, sudah mendapat informasi awal. Insiden mobil tercebur ke laut, saat kapal berada di alur keluar pelabuhan.

Sesuai dengan informasi awal kondisi kendaraan di dalam tidak dalam kondisi ditali dengan rantai (lasing). Meski demikian KSOP Bakauheni akan berkoordinasi dengan KSOP Merak.

Lihat juga...