Sejahterakan Perajin, Kelompok Tenun Balai Panjang Bangun Koperasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PAYAKUMBUH – Kelompok Tenun Balai Panjang, yang berada di Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, merupakan sebuah sentral tenun yang ada di kota rendang tersebut. Kini, kelompok tenun itu, tengah membangun sebuah koperasi.

Pendiri Kelompok Tenun Balai Panjang, Effendi, mengatakan, saat ini di kelompok tenun itu terdapat 35 orang anggota perajin yang bersifat Industri Kecil Menengah (IKM). Namun yang berada di Sentral Tenun ada 15 orang perajin yang bekerja dengan sistem upah.

Ia menceritakan, dulu kala sebelum terbentuk Kelompok Tenun Balai Panjang, terhitung sejak 2005 telah menekuni usaha tenun dengan pangsa pasar di Kota Bukittinggi dan Padang Panjang.

Melihat pangsa pasar yang bagus, Effendi berinisiatif mendirikan sebuah kelompok tenun dengan harapan dapat mensejahterakan perajin tenun lainnya.

Pendiri Kelompok Tenun Balai Panjang, Effendi/Foto: M. Noli Hendra

“Waktu sebelum adanya kelompok tenun, hasil kerajinan itu hanya dapat dipasarkan bersifat lokal. Namun setelah terbentuk Kelompok Tenun Balai Panjang, melalui Sentral Tenun, pangsa pasar tenun khas Payakumbuh menyebar ke berbagai daerah di Indonesia,” katanya, Rabu (19/6/2019).

Untuk itu, dengan target agar bisa mensejahterakan perajin, Sentra Tenun Balai Panjang, tengah berupaya menaiki jenjang usaha ke arah yang lebih baik, yakni dengan cara membentuk sebuah koperasi.

Kini, proses pembentukan koperasi telah sampai ke tahap sosialisasi kepada sejumlah anggota kelompok dan masyarakat, supaya keberadaan Koperasi Tenun Balai Panjang nantinya, mampu menampung hasil kerajinan tenunnya.

Lihat juga...