Selama Libur Lebaran Pasien RSUD TC Hillers Maumere, Meningkat

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Selama libur Lebaran selama sepekan, sejak 3 Juni hingga 9 Juni 2019, jumlah pasien di RSUD TC Hillers Maumere mengalami peningkatan.

“Sejak libur lebaran selama sepekan, pelayanan di rumah sakit tetap berjalan seperti biasa. Rawat jalan tetap dibuka sejak pagi hingga sore hari, kecuali saat hari raya lebaran saja,” sebut Direktur RSUD TC Hillers Maumere, dr.Clara Y.Francis, MPH., Jumat (14/6/2019).

Dikatakan Clara, pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) tetap seperti biasa selama 24 jam. Pihak BPJS Kesehatan pun tetap menyiapkan petugas di loket yang melayani pasien BPJS hingga malam hari.

Direktur RSUD TC Hillers Maumere dr.Clara Y. Francis, MPH. -Foto: Ebed de Rosary

“Selama libur lebaran memang jumlah kunjungan mengalami peningkatan dari hari biasanya. Rata-rata per hari 150 sampai 200 pasien, meningkat dibandingkan hari biasa yang hanya 120 sampai 150 orang,” terangnya.

Rumah sakit umum daerah ini, jelas Clara, tetap menerima pasien rujukan dari kabupaten lain, seperti Flores Timur, Lembata, Ende dan kabupaten lainnya di pulau Flores. Ini karena rumah sakit tipe B ini sudah menjadi rumah sakit rujukan untuk daratan Flores dan Lembata.

“Untuk pasien dari luar kabupaten Sikka, paling banyak pasien dengan gangguan syaraf dan penyakit dalam. Rumah sakit kami sudah memenuhi standar dalam hal dokter spesialis untuk pelayanan medik spesialis dasar dan spesialis penunjang,” terangnya.

Menurutnya, ada dokter spesialis bedah dan spesialis jantung, yang sedang menempuh pendidikan. Sementara dokter spesialis mata, RSUD TC Hillers Maumere bekerja sama dengan RS Sanglah Denpasar.

“Jadi kami juga memiliki dokter spesialis mata yang didatangkan dari RS Sanglah. Sarana dan prasarana terus ditingkatkan, termasuk peralatan kesehatan yang terus ditambah dan diganti yang baru,” terangnya.

Untuk melayani pasien, papar Clara, RSUD TC Hillers Maumere menyiapkan pelayanan 2 shift. Pagi hari dilayani 80 tenaga kesehatan sementara shift malam dilayani 60 sampai 65 tenaga kesehatan.

Andreas Tobi, salah seorang keluarga pasien yang ditemui di rumah sakit mengaku sedang mengantar saudaranya untuk berobat di rumah sakit.

Keluarganya sebelumnya dirawat di rumah sakit umum Larantuka kabupaten Flores Timur, dan dirujuk ke RSUD TC Hillers Maumere.

“Memang dari fasilitas dan pelayanan kesehatan, rumah sakit ini lebih bagus. Pelayanan kesehatan yang diberikan pun makin baik dengan peralatan yang memang sudah memadai,” ungkapnya.

Andreas mengaku, saudaranya dirawat dengan biaya BPJS Kesehatan, sehingga pihak keluarga tidak mengeluarkan biaya banyak.

Meski demikian, pihak keluarga tentu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membiayai makan minum selama di Maumere.

“Kami tinggal di rumah saudara di sini, sehingga tidak mengeluarkan biaya untuk penginapan. Kami bersyukur dokter di rumah sakit ini lengkap dan peralatannya pun memadai, sehingga tidak perlu rujuk ke Kupang lagi,” pungkasnya.

Lihat juga...