Sengketa Pilpres Diputus Sebelum 28 Juni

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Sidang putusan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019, kemungkinan akan digelar lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono – Foto M Hajoran Pulungan

Sebelumnya, dijadwalkan pembacaan putusan akan dilakukan pada 28 Juni 2019. “Kemungkinan bisa saja terjadi (maju dari jadwal), sepanjang majelis hakim MK merasa cukup untuk melakukan sidang pengucapan putusan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 sebelum 28 (Juni 2019),” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono, Senin (24/6/2019).

Menurut Fajar, 28 Juni 2019 merupakan batas akhir sidang pembacaan putusan. Sehingga bisa saja, majelis hakim MK berdasarkan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH), memutuskan lebih cepat.

Sidang pengucapan putusan sengketa PHPU Pilpres 2019, dipastikan tidak akan dilakukan setelah tanggal yang telah ditentukan. “Tanggal 28 Juni adalah batas akhir sidang putusan. Artinya, putusan sidang pengucapan putusan sengketa PHPU Pilpres 2019, dipastikan tidak akan dilakukan setelah tanggal yang ditentukan, aturannya seperti itu,” ujarnya.

Jika nantinya, sidang pengucapan putusan digelar lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, MK akan memberitahu melalui surat kepada semua pihak yang mengikuti persidangan. “Berdasarkan mekanisme yang berlaku di MK, ada panggilan kepada para pihak pada tiga hari sebelum persidangan, MK mengirimkan surat untuk menyampaikan panggilan sidang. Jadi kalau pun misalnya akan diputus sebelum tanggal 28 Juni, MK tidak bisa terburu-buru,” ungkapnya.

Hingga saat ini, RPH MK masih berjalan. Tidak bisa diduga, apakah rapat tersebut bisa selesai sebelum 28 Juni atau tidak. Tetapi yang pasti, RPH tersebut selesai sebelum tanggal yang telah dijadwalkan.

Saat ini suasana, di luar Gedung MK ramai pihak keamanan, ratusan personel kepolisian dan TNI siap siaga mengamankan Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat. Situasi jalan di depan Gedung MK dari pagi hingga siang masih ditutup, yaitu dari arah BI menuju Harmoni. Sedangkan dari jalur sebaliknya jalan tetap dibuka.

Lihat juga...