hut

Sistem Peringatan Dini Banjir Rob BMKG, Jadi Percontohan Internasional

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono Rahadi Prabowo (kanan) berbincang dengan perwakilan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) Sarah Grimes (tengah) dan Project Steering Group Coastal Inundation Forecasting Demonstration Project (CIFDP) Paul Davies, disela pembukaan Coastal Inundation Forecasting Demonstration Project Indonesia (CIFDP-I) Final Meeting 2019 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (28/1/2019) - Foto Ant

JAKARTA – Sistem peringatan dini banjir rob, yang dibangun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menjadi percontohan dunia internasional. Sistim tersebut, mendapat sertifikat Certificate of Appreciation yang ditandatangani Presiden Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO).

“BMKG atas nama Indonesia juga telah menerima Certificate of Appreciation yang ditandatangani Presiden WMO, David Grimes, karena keberhasilan dan perannya dalam merealisasikan pilot project pembangunan sistem peringatan dini banjir rob di Indonesia pada Indonesia Coastal Inundation Forecasting System (Ina-CIFS) yang baru saja diluncurkan pada April 2019,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Jumat (14/6/2019).

Dwikorita mengatakan, sertifikat tersebut diserahkan pada Kongres Meteorologi Dunia ke-18, yang dilaksanakan di Jenewa, Swiss, pada 3-14 Juni 2019 lalu. Hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan dari 149 negara.

Selain itu, produk domestik Indonesia yang lain, juga telah menjadi bahan percontohan, seperti Sistem Cataloguing Extreme Events dan perangkat lunak otomatisasi digitasi pias. “Dua produk terakhir tersebut, merupakan hasil dari Pusat Penelitian dan Pengembangan ini,” tambah Dwikorita.

Dari penghargaan tersebut, peluang kerja sama bilateral dengan beberapa negara di Afrika dan Amerika Selatan menjadi terbuka lebar. “Melalui produk tersebut, BMKG telah diminta untuk memberikan pelatihan atas nama WMO di Regional Association lainnya, khususnya di negara-negara Chili, Afrika Selatan dan Mozambik,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...