Stand KKP Ngurah Rai Bali Layani 119 Pasien Pemudik

Editor: Koko Triarko

BADUNG – Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ngurah Rai Bali, setidaknya melayani 119 pasien penumpang Bandara Ngurah Rai selama arus mudik Lebaran 2019.

Dokter I Made Sudarsana. selaku koordinator wilayah kerja KKP Ngurah Rai, menjelaskan, dari 119 penumpang yang memeriksakan diri di stand kesehatan diketahui ada beberapa temuan keluhan penyakit. Di antara yang paling dominan, yakni 24 orang terkena penyakit diabetes. Kedua ditemukan orang dengan kondisi fatih, yakni kondisi akibat kelelahan setelah melakukan aktivitas mudik, sehingga memicu gejala-gejala fatih ini.

Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah KKP Kelas I Denpasar, Putu Alit Sudarma. -Foto: Sultan Anshori

“Kemudian yang ketiga adalah kondisi dengan infeksi saluran pernapasan akut, yang merupakan kondisi infeksi di saluran pernapasan yang terjadi karena polusi udara, dan  berakibat penurunan daya tahan tubuh yang menyebabkan kuman-kuman sangat mudah masuk ke dalam tubuh,” ujar dr. I Made Sudarsana saat ditemui di Posko Terpadu Lebaran 2019 Bandara Ngurah Rai Bali, Jumat (14/6/2019).

Meski begitu, dari 119 pasien yang ditangani belum ditemukan pasien yang harus dirujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan seperti rumah sakit untuk dilakukan penanganan. Pihaknya mengaku masih bisa meng-handle pelayanan tersebut berupa pemberian pelayanan kesehatan dan pemberian obat-obatan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan aktivitas perjalanan jauh, agar terus memperhatikan kesehatannya. Hal ini menghindari kejadian fatal akibat lalainya perhatian terhadap kesehatan diri sendiri.

“Kebanyakan para pasien yang kita temukan dengan gejala mual muntah. Dan, itu bisa kami tangani dengan baik,” imbuh dr. I Made Sudarsana.

Sementara itu, pelayanan di stand kesehatan yang disediakan oleh KKP di Posko keamanan terpadu Lebaran 2019 Bandara Ngurah Rai Bali, dari tahun ke tahun terus ditingkatkan.

Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah KKP Kelas I Denpasar, Putu Alit Sudarma, menegaskan, bahwa saat ini dalam posko kesehatan sudah disediakan both dan ada ruang pemeriksaan sehingga sangat representatif.

Pihak juga menyediakan ambulans kesehatan, yang merupakan salah satu alat unggulan KKP untuk menangani penumpang yang mengalami gangguan kesehatan saat melalui Bandara Ngurah Rai Bali.

“Kami pihak KKP selalu mawas diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk tahun depan, kami tetap akan koreksi apa yang menjadi kekurangan kami,” tandas Alit Sudarma.

Lihat juga...