hut

Sumbar Kirim 1.099 Kafilah ke MTQ Nasional di Solok

Editor: Mahadeva

PADANG – Sebanyak 1.099 kafilah dikirimkan untuk mewakili seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional, tingkat Sumatera Barat ke-38 di Kota Solok.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah, mengatakan, MTQ akan dimulai Sabtu (15/6/2019) malam di Lapangan Merdeka Solok. MTQ di Solok, memperlombakan 14 Cabang, diantaranya Tilawah, Qira’at Alquran, Tahfiz, Tilawah, Tafsir, Tartil, M2IQ, dan Qasidah. “Untuk penyelengaraan MTQ, diselengarakan dari 15 hingga 21 Juni 2019,” jelasnya.

Kafilah Kota Padang bertekad mempertahankan tradisi juara umum pada MTQ Nasional. Bila hal tersebut terwujud, maka Padang tercatat sudah 24 kali menjadi pemuncak penyelenggaraan MTQ di Sumbar.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, saat melepas Kafilah Padang mengatakan, tradisi juara umum di MTQ harus dipertahankan. Namun, setelah itu akan dilanjutkan dengan persiapkan untuk menjadi juara di tingkat nasional.

Untuk memantik motivasi, Wali Kota Mahyeldi menjanjikan hadiah bagi kafilah yang meraih juara satu, dua dan tiga. Dia menaikan besaran bonus yang dijanjikan Pemko Padang melalui Bagian Kesra. “Sebagaimana bagi yang juara satu saya tambah bonusnya menjadi Rp40 juta, juara dua Rp20 juta dan juara tiga Rp15 juta,” tandasnya.

Kabag Kesra Setdako Padang Jamilus menyampaikan, persiapan qori dan qoriah Padang sudah matang. Mereka telah mengikuti training center (TC) untuk seluruh cabang lomba. “Alhamdulillah seluruh cabang lomba kafilah Kota Padang mengikutinya, dimana ada tambahan cabang lomba yakni vokalis bintang qasidah. Menariknya lagi juga ada musabaqah eksebisi cabang tilawah yang diikuti utusan pejabat eselon II antar pemerintah kota dan kabupaten se-Sumatera Barat,” pungkasnya.

Lihat juga...