hut

Tiang Penyangga Keropos, Satu Rumah Ambruk Tersapu Ombak

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Satu rumah warga milik Khaerudin di Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, ambruk tersapu ombak laut. Rumah warga tersebut berada di pesisir pantai Balikpapan berbentuk panggung.

Diduga rumah kaki panggung yang sudah mengalami pengeroposan sehingga rumah ambruk. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa malam (18/6), dan musibah itu mengakibatkan tiga penghuni rumah mengalami luka ringan.

Pada saat kejadian khaerudin bersama Acce istri dan Sakila cucunya sedang berada di dalam rumah. Saat itu juga mereka bertiga menjadi korban rubuhnya rumah tersebut akibatnya ketiganya mengalami luka-luka.

Sedangkan 2 penghuni lainnya, Rahmawati dan Resti Ananda yang berada di luar rumah selamat dari musibah tersebut.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonsiliasi BPBD Balikpapan, Usman, menjelaskan, setelah menerima laporan petugas BPBD Balikpapan, kelurahan, Bhabinkamtimas dan Babinsa serta unsur lain langsung mengamankan lokasi kejadian dengan mengevakuasi warga sekitar.

“Lokasi kita amankan. Warga diminta untuk tidak mendekat lokasi karena khawatir terjadi sesuatu,” katanya, Rabu (19/6/2019).

Sementara itu, Babinsa Klandasan Ulu, Sertu Heri Suyetno, mengatakan, para korban setelah kejadian langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Balikpapan untuk mendapatkan perawatan medis.

Babinsa Klandasan Ulu Sertu Heri Suyetno menunjukkan rumah yang ambruk – Foto: Ferry Cahyanti

“Korban mengalami luka ringan dan sudah ditangani di RS Bhayangkara,” pungkasnya.

Selain tiang penyangga rumah yang keropos, ambruknya rumah warga di pesisir pantai Balikpapan ini juga diduga akibat terjadinya abrasi di sepanjang pesisir pantai.

Pada hari ini warga di lokasi kejadian membersihkan harta benda milik korban yang berantakan, seperti kasur, perlengkapan kamar mandi, berceceran. Beberapa harta benda diantaranya masih bisa diamankan seperti lemari, tv dan lainya.

Saat ini warga terpaksa mengungsi di rumah milik keluarga dan harta benda yang masih bisa digunakan diselamatkan untuk dipergunakan kembali.

Lihat juga...