Tiga Kelompok Tani Dibantu Peralatan Pasca Panen Karet

Editor: Mahadeva

Tiga Kelompok Tani Dibantu Peralatan Pasca Panen Karet BALIKPAPAN Tiga Kelompok Tani (Poktan) di sentra perkebunan karet di Kalimantan Timur mendapat bantuan peralatan pasca panen dari pemprov setempat. Bantuan peralatan pasca panen yang diberikan, pisau sadap, mangkok sadap karet, ring mangkok sadap, talang sadap, bak pembeku, bahan pembeku lateks dan saringan lateks. Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, menjelaskan, bantuan diberikan untuk mendorong hasil produksi karet. “Bantuan tersebut telah disalurkan. Peralatan berupa pisau sadap, mangkok sadap karet, ring mangkok sadap, talang sadap, bak pembeku, bahan pembeku lateks dan saringan lateks,” ucapnya Senin (24/6/2019). Tiga kelompok yang diberi bantuan berada di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan. Untuk Penajam Paser Utara diserahkan kepada Poktan Tani Maju Serba Guna di Kecamatan Sepaku. Sedangkan dua poktan penerima di Kota Balikpapan adalah Harapan Jaya di Kecamatan Balikpapan Timur dan Poktan Mekar Maju di Kecamatan Balikpapan Utara. “Harapannya, petani yang mendapat bantuan bisa mengolah karet lebih berkualitas, sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal,” harap Ujang Rachmad. Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan pembinaan pascapanen, dengan mendorong sentra karet untuk membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). Pembinaan dilakukan dalam bentuk pertemuan dengan para Kelompok Tani (Poktan) karet di Balikpapan. Diantaranya, Poktan Dusma Sejahtera dan Poktan Tunas Jaya, Poktan Tunas Lada, Poktan Tunas Baru, Poktan Bina Tani Sejahtera, Poktan Tawakkal dan Poktan Berekat Mufakat. Kaltim memiliki banyak daerah sentra karet dan Balikpapan menjadi pilot project pembentukkan UPPB. “Dalam pembentukan UPPB terpenting dibuat susunan terdiri ketua, sekretaris dan bendahara, bidang pembelian dan pemasaran,” tambahnya. Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Tiga Kelompok Tani (Poktan) di sentra perkebunan karet di Kalimantan Timur mendapat bantuan peralatan pasca panen dari pemprov setempat.

Bantuan peralatan pasca panen yang diberikan, pisau sadap, mangkok sadap karet, ring mangkok sadap, talang sadap, bak pembeku, bahan pembeku lateks dan saringan lateks.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, menjelaskan, bantuan diberikan untuk mendorong hasil produksi karet. “Bantuan tersebut telah disalurkan. Peralatan berupa pisau sadap, mangkok sadap karet, ring mangkok sadap, talang sadap, bak pembeku, bahan pembeku lateks dan saringan lateks,” ucapnya Senin (24/6/2019).

Tiga kelompok yang diberi bantuan berada di daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan. Untuk Penajam Paser Utara diserahkan kepada Poktan Tani Maju Serba Guna di Kecamatan Sepaku.

Sedangkan dua poktan penerima di Kota Balikpapan adalah Harapan Jaya di Kecamatan Balikpapan Timur dan Poktan Mekar Maju di Kecamatan Balikpapan Utara. “Harapannya, petani yang mendapat bantuan bisa mengolah karet lebih berkualitas, sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal,” harap Ujang Rachmad.

Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan pembinaan pascapanen, dengan mendorong sentra karet untuk membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). Pembinaan dilakukan dalam bentuk pertemuan dengan para Kelompok Tani (Poktan) karet di Balikpapan.

Diantaranya, Poktan Dusma Sejahtera dan Poktan Tunas Jaya, Poktan Tunas Lada, Poktan Tunas Baru, Poktan Bina Tani Sejahtera, Poktan Tawakkal dan Poktan Berekat Mufakat. Kaltim memiliki banyak daerah sentra karet dan Balikpapan menjadi pilot project pembentukkan UPPB. “Dalam pembentukan UPPB terpenting dibuat susunan terdiri ketua, sekretaris dan bendahara, bidang pembelian dan pemasaran,” tambahnya.

Lihat juga...