hut

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, SDM Dokter di NTB Perlu Ditingkatkan

Editor: Mahadeva

MATARAM – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dokter di Nusa Tenggara Barat harus terus ditingkatkan, khususnya untuk katagori dokter spesialis.

Hal itu dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan layanan kepada masyarakat. “Kalau ingin kualitas kesehatan masyarakat meningkat, salah satunya harus didukung dengan ketersediaan SDM dokter yang berkualitas pula, termasuk diantaranya dokter spesialis,” kata Gubernur NTB, Zulkiflimansyah saat menerima audiensi tim percepatan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), Jumat (14/6/2019).

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Zul kiflimansyah telah menyediakan program beasiswa khusus untuk peningkatan kualitas SDM dokter. Terutama dokter RSUD, untuk melanjutkan studi ke luar negeri, salah satu yang menjadi tujuan adalah Taiwan.

Juga dilakukan upaya penambahan fasilitas yang dibutuhkan rumah sakit. Harapannya, dengan program tersebut, kualitas kesehatan masyarakat meningkat, masyarakat juga tidak perlu lagi harus dirujuk ke rumah sakit di luar NTB. “Percepatan Program Pendidikan Dokter Spesialis melalui pemberian beasiswa pendidikan sendiri, rencananya akan mulai dilaksanakan pada bulan September tahun 2019,” katanya.

Direktur RSUD Provinsi NTB, yang juga Ketua PPDP NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas SDM, serta peningkatan fasilitas dan pelayanan yang ada di RSUD Provinsi NTB. Secara keseluruhan, dokter yang dimiliki RSUD NTB ada 150 orang. Khusus dokter spesialis, jumpahnya hampir 100 orang lebih, sementara dokter umum ada 50 orang.

Lihat juga...