Tingkatkan Kualitas Perkuliahan Daring, Unej Gencar Gelar Pelatihan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Untuk menggenjot pelaksanaan sistem kuliah daring, Universitas Jember (Unej) kian gencar memberikan pelatihan sistem kuliah daring kepada para dosen.

Langkah tersebut dilakukan terhadap para dosen pengampu Mata Kuliah Umum (MKU) Pancasila yang pada hari ini tengah serius mengikuti Workshop Penyusunan Standarisasi Materi Perkuliahan Berbasis Media Manajemen Pembelajaran Pada Mata Kuliah Umum (MKU) Tahun 2019, di aula Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi UPT TIK Universitas Jember.

“Kami ingin seluruh perkuliahan yang dilakukan bisa dipantau melalui media online. Oleh karena itu semua dosen Universitas Jember wajib paham mengenai sistem perkuliahan online sehingga perkuliahan bisa berjalan efektif,” ujar Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni usai membuka workshop, Kamis (20/6/2019).

Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unej. Foto: Kusbandono.

Menurut Zulfikar, saat ini Unej terus meningkatkan perhatian dan keseriusan dalam pengembangan proses pengajaran. Bahkan menurutnya, media manajemen pembelajaran yang dikembangkan oleh Universitas Jember kini sudah terintegrasi dengan laman Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA).

“Sehingga segala aktivitas akademik yang terjadi di Universitas Jember sekarang bisa dilihat di laman SPADA yang digagas oleh Kemenristekdikti. Saat ini proses monitoring aktivitas akademik yang dilakukan oleh pusat begitu ketat. Jadi kita tidak bisa main-main terkait proses itu,” imbuh Zulfikar.

Lebih jauh Zulfikar menjelaskan, Universitas Jember kini juga tengah mengembangkan model perkuliahan jarak jauh dengan sistem online. Melalui sistem yang dikembangkan ini dosen masih bisa memberikan perkuliahan walaupun sedang di luar Universitas Jember.

“Misalnya saja, mungkin ada dosen yang sedang di Rumah Sakit karena kerabatnya sakit. Dia masih bisa memberikan kuliah tatap muka melalui sistem online. Mahasiswa dan dosen bisa saling mengobrol dan bertatap muka melalui media HP atau laptop mereka masing-masing,” pungkas Zulfikar.

Lihat juga...