Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpusda NTB Diminta Berinovasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MATARAM – Sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat, terutama kalangan muda dan pelajar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) diminta bisa melakukan inovasi, baik dalam melakukan kampanye maupun dari sisi koleksi bacaan yang disediakan.

“Harus ada inovasi untuk mendorong minat baca, terutama alih teknologi bacaan dari manual menjadi digital, jangan lagi menggunakan pendekatan klasik, karena sudah memasuki zaman teknologi,” kata Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, di Mataram, Rabu (19/6/2019).

Selain alih teknologi, koleksi buku bacaan juga harus update dengan kebutuhan bacaan generasi kekinian, yang sesuai dengan minat baca masyarakat, terutama kalangan anak muda dan milenial.

Karena koleksi bacaan yang update termasuk salah satu faktor yang bisa menarik minat masyarakat mengunjungi dan membaca buku yang disediakan perpustakaan daerah NTB.

“Termasuk fasilitas internet seperti wifi, agar pengunjung bisa dengan mudah melakukan akses terhadap buku bacaan yang diinginkan,” katanya.

Dengan demikian, gerakan cinta membaca dipastikan akan menggeliat di berbagai perpustakaan, sekolah atau taman baca yang ada di NTB, termasuk perpustakaan yang berada di setiap desa dan kelurahan.

Perpustakaan di masa yang akan datang akan berbeda dengan saat ini. Sebab, cara pandang dan kebutuhan terhadap perpustakaan juga akan beda.

Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan perpustakaan tidak lagi terpaku pada ruangan dan jumlah karyawan yang banyak. Namun akan berevolusi menjadi sebuah benda yang bernama smartphone, yang memungkinkan seseorang dapat mengakses seluruh perpustakaan di berbagai belahan dunia, kapan saja dan dimana pun seseorang berada.

“Saya membayangkan Perpustakaan di NTB itu ukuran 2×3 di seluruh desa dan diisi oleh orang hebat yang bisa mengakses seluruh perpustakaan di dunia,” ungkap Zul.

Kepala Perpustakaan daerah NTB, Manggaukang, mengatakan, proses digitalisasi terhadap semua buku dan arsip di Perpusda NTB saat ini terus dilakukan, sebagai upaya mewujudkan perpustakaan digital.

Kemampuan Perpusda melakukan digitalisasi buku sendiri baru 300, koleksi buku NTB sampai saat ini mencapai 700 ribu judul. Koleksi buku juga terus di-update agar sesuai kebutuhan masyarakat kekinian.

Lihat juga...