Utara-Balikpapan Terbitkan 83 Izin Usaha Mikro Kecil

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Sejak Izin Usaha mikro dan Kecil (IUMK) diterbitkan di tingkat Kecamatan, jumlah usaha mikro dan kecil di Balikpapan setiap tahun bertambah. Hingga awal Juni 2019, Kecamatan Utara telah menerbitkan 83 IUMK di kawasan Balikpapan Utara, yang wilayahnya cukup luas.

Pada 2018, Kecamatan Utara telah menerbitkan 170 IUMK. Izin yang dikeluarkan kecamatan itu salah satu persyaratan bagi UMK untuk pinjam modal usaha di perbankan. Dari izin yang dikeluarkan tersebut, didominasi oleh sektor kuliner.

“Usaha kuliner mendominasi dari izin yang diterbitkan, kemudian perdagangan, salon, pertanian dan lainnya. Persyaratan untuk memiliki izin tersebut tidak rumit, karena bila berkas sudah lengkap maksimal dua hari sudah bisa diterbitkan, bahkan sehari juga bisa terbit,” terang Camat Balikpapan Utara, Fahrul Razji, saat ditemui Selasa, (18/6/2019).

Camat Utara, Fahrul Razji –Foto: Ferry Cahyanti

Menurut Fahrul, untuk melakukan pengajuan izin UMK, masyarakat harus tahu persyaratan yang harus dilengkapi.Bila berkas yang menjadi persyaratan sudah lengkap, maka penerbitan IUMK dapat segera dilakukan setelah dilakukan peninjauan ke lapangan atau lokasi usaha.

“Bila syarat lengkap, di antaranya fotokopi KTP, Kartu Keluarga, foto tempat usaha, foto pelaku usaha, NPWP, kemudian berlanjut dilakukan survei, bersama pihak kelurahan dan kecamatan, maka penerbitan sudah dapat dikeluarkan. Surat izin berlaku hingga lima tahun dalam sekali terbit,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM, Koperasi dan Perindustrian Balikpapan, Doortje Marpaung, menjelaskan sejak diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2014, tentang Perizinan Usaha Mikro Kecil, bahwa pengajuan perizinan dapat dengan mudah dilakukan di tingkat kecamatan.

“Tetapi yang menengah ke atas, tetap di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu,” ujarnya.

Dia mengakui, sejak diterbitkannya kebijakan tersebut jumlah IUMK terus bertumbuh dan didominasi usaha kuliner. “IUMK ini bertumbuh, karena izin ini diberikan dengan kemudahan sesuai keperluan mereka. Apalagi, untuk akses permodalan diperlukan perizinan yang lengkap. Banyak keuntungan yang diperoleh dari IUMK,” kata Doortje Marpung.

Ia berharap, dengan kemudahan tersebut, UMK dapat terus bertumbuh dan membuka lapangan pekerjaan baru untuk terus berwirausaha.

“Dengan kemudahan perizinan yang diberikan, UMK dapat terus bertumbuh. Kami juga tetap mengedepankan kualitas,” imbuhnya.

Lihat juga...