hut

Yonif 725/WRG dan Koramil Okbibab Latih Warga Olah Kopi

Anggota TNI dari Yonif 725/WRG bersama Koramil Okbibab melatih masyarakat mengolah kopi yang diawalidari menyortir buah tersebut - Foto Ant

JAYAPURA – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon 725/WRG, bersama Koramil Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, melatih warga setempat mengolah kopi.

Tanaman kopi banyak tumbuh di kawasan tersebut. Pelatihan yang diberikan kepada warga, bertujuan agar masyarakat dapat mengolah kopi dengan benar. “Harapannya, kopi yang dihasilkan akan lebih berkualitas,” kata Danyon 725/WRG, Letkol Inf Hendry Ginting di Jayapura, Senin (17/6/2019).

Pelatihan yang dipimpin langsung Komandan Pos Okbibab, Lettu Inf Fiqi Istiandara. Kegiatannya, menggandeng Danramil 1702-12, Letda CBA Dwi Wawan. Mereka melatih masyarakat yang memiliki kebun kopi, mulai dari cara pengeringan, pemisahan, pengupasan hingga penggilingan. “Bila prosesnya baik, maka kopi yang dihasilkan akan berkualitas bagus, sehingga harganya relatif tinggi,” kata Ginting.

Kawasan Okbibab, hanya dapat dijangkau melalui udara dengan menggunakan helikopter. Tanaman kopi di Okbiban masih terbatas, namun dengan adanya pelatihan serta pemasaran yang bagus diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk menanamnya.

Wilayah tersebut berada diatas 2.250 meter dari permukaan laut (mdpl). Sehingga, kualitas pohon kopi-nya bagus. “Masyarakat hanya menggunakan pupuk organik,” kata Letkol Inf Ginting.

Marius, salah satu peserta pelatihan menyebut, sangat terbantu agenda dari anggota TNI tersebut. Sebagai petani, Marius sudah dapat mampu memisahkan biji kopi yang berkualitas saat proses penyortiran. “Saya senang sekali dengan adanya pelatihan dan bantuan tersebut sehingga kopi yang dihasilkan juga berkualitas,” pungkas Marius. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!