hut

115 Hektare Hutan di Kawasan TNGR Terbakar

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Kebakaran kembali melanda kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), dengan titik api berada di kawasan hutan Savana Propok, pada koordinat 1160 30′ 38,3” Bujur Timur dan 080 26’6.2., dengan luasan kawasan hutan yang terbakar sekitar 115 hektare.

“Titik api terdeteksi berada di kawasan Propok dan Pusuk Sembalun, Lombok Timur dan Gunung Kondo Rinjani,” kata Kepala Balai TNGR, Sudiyono, melalui siaran persnya, Senin (8/7/2019).

Menurutnya, kebakaran diketahui terjadi pada Minggu (7/8, sekitar pukul 17.13 WITA, yang ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung di lapangan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah Il, yang kemudian memerintahkan Kepala Resort Aikmel dan Reson Sembalun untuk melakukan pengecekan dan pemadaman kebakaran hutan dengan melibatkan masyarakat.

Tim Pemadaman kebakaran hutan berangkat menuju łokasi kebakaran hutan pada pukul 13.30 WITA, terdiri dari petugas Resort Sembalun, Pokdarwis dan masyarakat.

“Dua titik api yang mengarah ke Propok dan Pusuk Sembalun dapat dikendalikan, namun beberapa titik api yang mengarah gunung Kondo tidak dapat dikendalikan, karena medan yang curam,” katanya.

Atas pertimbangan keselamatan, tim memutuskan untuk kembali dan melakukan pemantauan jarak jauh.

Vegetasi yang terbakar sendiri antara lain, rumput, alang, semak sementara untuk korban jiwa belum ada laporan.

Sudiyono menambahkan, kondisi terakhir hingga saat ini hotspot titik api masih terpantau di beberapa titik, dan tim masih melakukan pemantauan jarak jauh dari Sembalun dan Pesugulan.

“Meski terjadi kebakaran di sekitar kawasan Rinjani, tapi kebakaran tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas pendakian, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan,” katanya.

Lihat juga...