hut

Aksi Sulap Pak Tarno Meriahkan Hari Anak Nasional di TMII

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Ratusan anak terlihat kegirangan menyaksikan aksi sulap Pak Tarno yang memukau. Mereka duduk santai di pelataran Candi Bentar Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Alunan lagu Naik Delman yang didendangkan Pak Tarno mengawali aksi panggungnya. Anak-anak pun berebut naik ke atas panggung bernyanyi bersama Pak Tarno.

Suasana pun sangat ceria menghiasi peringatan Hari Anak Nasional yang digelar TMII di Candi Bentar, Minggu (28/7/2019).

Dengan mengenakan kemeja baju batik hijau dipadu celana panjang orange, serta topi lebar sulapnya menambah keunikan aksi Pak Tarno.

Pak Tarno menyanyikan lagu Naik Delman bersama anak-anak pada peringatan Hari Anak Nasional di Candi Bentar TMII, Jakarta, Minggu (28/7/2019). Foto: Sri Sugiarti

Usai menyanyi, aksi sulap pun dimulai. Pak Tarno mengambil sebuah kotak kosong. Lalu pria kelahiran 68 tahun ini mengajak anak-anak ikut serta sulap. “Ayo tolong bantu ya, kalau nggak dibantu nanti nggak jadi apa-apa. Bim salabim jadi apa?” kata master Tarno diikuti anak-anak yang hadir.

“Wah jadi banyak ini, ada kalung, mahkota, gelang, kalung, kipas dan lainnya. Nanti master Tarno, bagi-bagi ya, semua pasti kebagian,” ujarnya.

Aksi sulap pun berlanjut. Kembali kotak kosong dengan bolongan atas dan bawah dipegang pak Tarno. Kotak itu diputar-putar dengan sambil mengajak anak-anak mengikuti ucapannya. “Bim salabim, jadi apa ya? Aduh lengket ini, apa ya?” ujarnya.

Ternyata benda yang keluar dari kotak kosong itu adalah untaian kertas panjang warna warni menyerupai ular. “Aduh, saya kaget,” kata Dessy, pembawa acara peringatan Hari Anak Nasional TMII, saat melihat Pak Tarno mengambil benda itu dan melemparnya.

Pak Tarno melanjutkan aksinya dengan mengajak anak-anak bernyanyi lagu Bintang Kecil. Namun kali ini, mereka tak turut naik ke panggung, tapi duduk manis di pelataran Candi Bentar sambil bernyanyi.

Suasana terasa hangat dengan paduan lagu tersebut. Keceriaan wajah-wajah nan mungil itu terlihat nyata dengan senyum dan tawa terus ditebar.

“Pak Tarno hebat, saya senang banget. Ini saya dapat gelang hadiah sulap dari Pak Tarno,” ujar Shinta, salah satu peserta tari peringatan Hari Anak Nasional kepada Cendana News.

Pak Tarno memang membagikan ragam benda hasil sulapnya itu kepada anak-anak. Mereka terlihat senang sekali mendapat hadiah itu.

Grace, peserta tari dari Diklat Seni Anjungan Kalimantan Barat TMII juga mengaku senang bisa tampil memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional. Terlebih lagi, dia bisa menyaksikan aksi sulap Pak Tarno.

“Pak Tarno keren deh. Saya senang bisa bertemu Pak Tarno, dan terhibur,” ujar Grace.

Begitu juga dengan Ardita, seorang ibu dari anak yang tampil menari di acara tersebut. Ia mengaku baru kali ini anaknya tampil di TMII.

“Saya bangga ya anak tampil di TMII, sambil jalan-jalan. Jadi tambah teman dan wawasan budaya, serta ada Pak Tarno terhibur, aksinya lucu,” katanya.

Di penghujung penampilannya, Pak Tarno kembali menyemangati anak-anak Indonesia agar mencintai budaya bangsa.

Dia pun merasa bangga bisa tampil di TMII menghibur anak-anak dalam kemeriahan Hari Anak Nasional.

“TMII jaya dan maju terus dalam pelestarian budaya. Anak-anak harus bangga pada TMII, pemersatu ragam seni budaya,” ujar Tarno kepada Cendana News.

Lihat juga...