hut

Angin Kencang Landa Sulut, Waspadai Pohon Tumbang

Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang (DOK CDN)

MANADO — Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo, Triono Junoasmono mengingatkan pengguna jalan untuk berhati-hati karena angin kencang yang melanda sejumlah wilayah Sulawesi Utara (Sulut) bisa berakibat pohon tumbang.

“Memang hampir sepekan ini ada anomali angin kencang yang melanda wilayah-wilayah di daerah ini, karena itu harus diwaspadai, berhati-hati apabila berkendaraan,” kata Triono di Manado, Rabu (17/7/2019).

Ia mencontohkan, ruas jalan Tomohon-Manado yang digunakan pengguna jalan sebagai lintasan utama.

Ruas jalan ini, sebut dia, menjadi alternatif utama mengakses ibu kota provinsi (Kota Manado) dan beberapa daerah lainnya dari arah Selatan dan sebaliknya.

“Manakala menggunakan ruas jalan ini, di beberapa titik memang terdapat pohon-pohon dengan diameter cukup besar. Bahaya pohon tumbang ataupun dahan patah sangat memungkinkan terjadi,” katanya.

Triono menambahkan, BPJN XV akan tetap bersiaga di ruas-ruas jalan yang masuk wilayah kerjanya (Provinsi Sulut hingga Provinsi Gorontalo) bila sewaktu-waktu terjadi pohon tumbang.

Karena baik personel maupun peralatan telah disiagakan sehingga mudah dimobilisasi apabila diperlukan.

“Setiap saat kita bersiaga dan akan terus memastikan pengguna jalan merasa nyaman dan aman untuk berkendara,” ujarnya.

Sebagaimana pantauan wartawan Antara, di ruas jalan Tomohon-Manado di beberapa titik terjadi pohon tumbang dan dahan patah dengan diameter kecil, walaupun tidak menyebabkan kemacetan parah. (Ant)

Lihat juga...