hut

Bakso Mukidi, Bakso Khas hingga Mencapai Dua Kilogram

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kuliner bakso  tentu tidak asing lagi. Kuliner ini merajai tanah air dengan beragam nama. Salah satunya Bakso Mukidi dengan cita rasa khas Indonesia, ada di Jalan Raya Bintara Kranji, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Bagi penyuka bakso, Bakso Mukidi menjadi alternatif dan memberi sensasi berbeda melalui beragam pilihan yang semua didominasi urat dan daging sapi. Tersedia dari ukuran kecil sampai ukuran sebesar kepala orang dewasa.

Agus penanggungjawab outlet, menjelaskan kekhasan bakso mukidi, Sabtu (27/7/2019) – Foto: Muhammad Amin

“Tapi yang banyak digemari dari Bakso Mukidi dengan bahan baku urat besar dan tulang Iga,” kata Agus, penanggungjawab outlet Bakso Mukidi di Jalan Bintara, Sabtu (27/7/2019).

Bakso Mukidi adalah milik Syaifullah asal Pasuruan dan istrinya asli Solo.  Dengan modal resep bakso khas Solo,  Syaifullah membuka Bakso Mukidi di wilayah Pulo Gebang, Jakarta Timur. Tak jauh dari kantor Walikota Jakarta Timur dan saat ini Bakso Mukidi memiliki tiga cabang.

Mukidi sendiri diartikan sebagai murah senyum (M), usaha keras (U), kerja tuntas (K), inovatif dan inspirasi (I), doa malam (D), ikhlas dengan hati makmur (I).

Agus mengatakan di Bakso Mukidi ada varian Bakso Pamer yang memiliki berat mencapai 2 kilogram, cukup untuk delapan orang lebih. Semuanya berbahan baku daging dan urat. Bakso Pamer dihargai Rp150 ribu per butir.

Selain Bakso Pamer ada pilihan Bakso Beranak. Bakso ini memiliki isi terdiri dari telur, kentang dan hati sapi serta bakso kecil-kecil.

“Harga bakso biasa Rp20 ribu, itu sudah pilihan menu bakso saja atau campur,” tandasnya sembari mengatakan setiap hari Bakso Mukidi buka mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Untuk bahan baku, jelas Agus, dikirim dan diolah di satu tempat di wilayah Jakarta Timur. Setiap hari diantar di tiga cabang.

“Kita di sini hanya melakukan bersih-bersih tempat,  menyiapkan bahan baku lainnya seperti kaldu dan sebagainya. Bakso yang sudah dikirim, sehari bisa mencapai 80 kilo bakso. Habis terjual dengan berbagai ukuran,” paparnya.

Lihat juga...