hut

Balikpapan Laporkan Lonjakan Jumlah Gakin di PPDB 2019 ke Pusat

Editor: Koko Triarko

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi -Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Tingginya jumlah keluarga miskin yang mendaftar pada PPDB 2019 di Balikpapan, yang meningkat hingga 400 persen, akan dilaporkan ke Pemerintah Pusat.

“Memang terjadi kenaikan jumlah gakin yang mendaftar. Makanya, akan kami laporkan juga ke Kemensos,” tegas Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, usai menghadiri Rapat Paripurna Pandangan Fraksi Laporan Pertanggungjawaban Wali Kota APBD 2018, Selasa (9/7/2019).

Menurutnya, persoalan gakin ini juga menjadi perhatian Disdik dan kini tengah dibahas. Apalagi, gakin ini menjadi prioritas dan persyaratan pendaftaran untuk gakin adalah melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bukan hanya persoalan melonjaknya pendaftar gakin saat PPDB, lanjut Rizal, perkembangan pembangunan perumahan di Kecamatan Balikpapan Utara juga menjadi perhatian. Mengingat, warga yang tinggal di perumahan turut berkontribusi terhadap kuota zonasi PPDB.

“Memang benar warga perumahan banyak mengambil jatah. Kami akan inventarisasi lahan pengembang yang bisa dibangun sekolah,” tukasnya.

Rizal Effendi menambahkan, inventarisasi lahan itu untuk menyikapi persoalan jumlah warga yang tinggal di pemukiman baru, khususnya pada lahan pengembang.

“Tentu saja ini dilakukan agar tidak terulang lagi pada tahun-tahun berikutnya. Karena jumlah sekolah negeri terbatas,” tutupnya.

Lihat juga...