hut

Bantuan Lantainisasi, Ponikem Kini Leluasa Lakukan Pekerjaan Sehari-hari

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Ponikem (43) kini nampak lebih leluasa melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari di rumahnya. Bertempat di salah satu ruangan, ia terlihat menyetrika pakaian di lantai bawah tanpa takut kotor ataupun basah.

Ya, sejak beberapa waktu terakhir, kondisi rumah Ponikem memang telah jauh berubah. Lantai rumahnya yang dulu masih berupa tanah, kini telah disemen mulus. Selain menjadi lebih bersih, rumahnya pun kini juga nampak lebih tertata.

Semua itu tak lepas dari adanya program lantainisasi yang dilakukan Yayasan Damandiri, melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, yayasan bentukan Presiden kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto itu aktif membantu warga kurang mampu di desa tersebut.

Puluhan rumah warga miskin yang dinilai tidak layak huni, karena masih berlantai tanah, diberikan bantuan berupa semen, pasir serta uang untuk biaya tukang. Melalui bantuan itulah, Yayasan Damandiri berupaya memperbaiki kondisi rumah warga agar lebih sehat dan bersih.

“Ya tentu senang sekali. Sekarang jadi lebih bersih, nyaman dan enak dipandang. Buat apa-apa juga bisa. Kalau dulu, karena masih berlantai tanah, digunakan untuk menyetrika saja tidak bisa,” ujar Ponikem saat ditemui Cendananews.

Ibu satu anak itu mengaku sangat bahagia bisa mendapatkan bantuan dari Yayasan Damandiri. Pasalnya sejak membangun rumah tahun 2013 lalu, hingga kini ia belum bisa menyemen lantainya. Dinding-dinding rumahnya pun nampak dibiarkan belum disemen (masih berupa batu bata) karena belum memiliki biaya.

“Saya kan tidak bekerja. Hanya di rumah saja. Sedang suami hanya bekerja sebagai tukang parkir, dengan pendapatan tidak seberapa. Jadi memang tidak ada biaya untuk memperbaiki rumah. Jadi bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan keluarga,” katanya.

Ponikem dan suaminya, Sumardi, pun hanya bisa berharap agar Yayasan Damandiri bentukan Pak Harto dapat terus eksis, untuk membantu warga miskin dan kurang mampu yang ada di desanya. Terlebih keberadaan yayasan Damandiri telah terbukti memberikan manfaat secara nyata bagi dirinya dan keluarga.

Lihat juga...