hut

Baznas Tingkatkan Layanan Zakat Digital di Sulut

Ilustrasi - Baznas - Dok CDN

MANADO — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus meningkatkan layanan zakat digital di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2019 ini.

“Tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menunaikan kewajibannya yakni berzakat, juga infak, dan sedekah,” kata Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan di Manado, Jumat (12/7).

Layanan Zakat Digital Baznas, katanya, memberikan kemudahan masyarakat yang memiliki kesibukan tersendiri dan belum memiliki waktu luang untuk menunaikan zakatnya.

Dia mengatakan Zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul akan disalurkan oleh Baznas kepada para mustahik sesuai syariat.

Tidak hanya melalui penyaluran bantuan secara langsung, katanya, Baznas juga menyalurkannya melalui program-program pemberdayaan mustahik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial dakwah.

Sehingga, katanya, untuk menunjang hal tersebut pihaknya melakukan sosialisasi Indeks Zakat Nasional (IZN) ini sangat penting untuk diadakan, hal ini bertujuan agar dapat membentuk sebuah indikator yang nantinya akan menjadi referensi kemajuan kinerja perzakatan di Indonesia khususnya Sulut.

Selain itu, katanya, IZN ini diharapkan menjadi standar evaluasi perkembangan zakat yang nantinya dihitung secara periodik.

Cara mengimplementasikan konsep IZN sehingga diharapkan masing masing Baznas yang ada dapat menghitung sendiri IZN kelembagaannya masing-masing, tentu saja IZN ini dapat dihitung sesuai dengan komponen-komponen dan bobot yang telah ditetapkan oleh TIM Pusat Kajian Strategis Baznas Pusat. [Ant]

Lihat juga...