hut

Berawal dari Hobi, Vito Siap Ukir Prestasi di Hungaria

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Ketertarikan Vito Ghifari kecil pada astronomi ternyata membawa dirinya sebagai salah satu duta bangsa untuk berjuang di Olimpiade Astronomi Internasional 2019.

Vito Ghifari (17) menceritakan kalau dirinya mulai menyukai tentang benda langit saat masih duduk di bangku SD.

“Tapi baru ikut himpunan dan perkumpulan astronomi itu pas SMA. Sekarang saya tergabung di FPA, Forum Pelajar Astronomi,” kata Vito usai acara peneropongan di Planetarium dan Observatorium Jakarta, Jumat (12/7/2019) malam.

Setelah bergabung di FPA, menurut Vito, dirinya mulai aktif dam sering mengikuti kegiatan terkait astronomi.

“Ya kayak acara di planetarium gini. Saya diberi kepercayaan untuk membantu memberikan informasi kepada peserta peneropongan,” ujarnya.

Vito mengatakan dirinya baru mendalami astronomi sejak dua tahun kebelakang.

“Memang sudah suka, tapi karena ikut olimpiade sains, jadi semakin mendalami. Kebetulan saya juga utusan dari sekolah saya untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN),” ucap laki-laki yang bersekolah di SMA 81 Cipinang Melayu Jakarta Timur.

Ia menceritakan seleksi untuk mengikuti OSN dimulai dari tingkat sekolah. Yang berhasil lolos dari seleksi sekolah akan masuk seleksi kota, dimana akan dipilih 100 orang.

“Nanti dari 100 orang ini akan diseleksi lagi menjadi 40 orang untuk mengikuti seleksi di provinsi. Baru yang nasional. Alhamdulillah, saya dapat medali emas saat itu,” kata Vito.

Saat ini, Vito menyebutkan dirinya sedang mempersiapkan untuk mengikuti Olimpiade Astronomi dan Astrofisika 2019 yang akan diselenggarakan di Hungaria.

“Acaranya tanggal 1-10 Agustus. Rencananya saya berangkat tanggal 31 Juli. Saya sih cuma berharap, pas di Hungaria bisa dapat medali,” ucapnya lebih lanjut.

Vito mengungkapkan harapannya agar banyak anak-anak yang menyukai bidang ilmu astronomi.

“Astronomi ini ada bagian filosofis-nya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, karena kita mengetahui begitu luasnya alam semesta ini, kita akan belajar untuk rendah hati. Karena kenyataannya, kita itu hanya bagian kecil dari alam semesta ini,” pungkas laki-laki yang mengharapkan bisa kuliah di ITB Fakultas Elektro dan Informatika setelah dirinya lulus tahun depan.

Lihat juga...