hut

Berwisata Sambil Belajar Manasik Haji di Surya Yudha Park

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Tempat wisata sekarang banyak yang dilengkapi dengan sarana edukasi, sebab kecenderungan masyarakat modern  ingin berwisata sekaligus mengajarkan sesuatu kepada anak.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Surya Yudha Park, yang menyediakan replika kabah lengkap dengan terowongan mina dan patung onta.

Kawasan wisata yang terletak di Jalan Rejasa, Madukara, Kabupaten Banjarnegera ini terbilang cukup lengkap. Berbagai wahana wisata air, mulai dari water boom berkelok, kolam ombak, kolam arus, kolam olimpik, sepeda air hingga flying fox tersedia dan bisa dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa.

Sementara di halaman menuju pintu keluar, terdapat berbagai patung replika. Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah replika bangunan kabah.

Di dalamnya juga terdapat terowongan yang diibaratkan terowongan mina dan di sekitar lokasi, dilengkapi dengan beberapa patung onta, untuk melengkapi suasana negera Saudi Arabia.

Beberapa anak kecil terlihat berjalan memutari kabah, kemudian masuk ke dalam terowongan. Sesekali mereka berhenti, karena di dalam terowongan gelap.

Salah satu pengunjung Surya Yudha Park, Vivin, Minggu (21/7/2019). – Foto: Hermiana E. Effendi

“Ayo coba manasik hajinya bagaimana, kan sudah diajarkan di sekolah,” tutur salah satu pengunjung, Vivin, Minggu (21/7/2019), yang meminta keponakannya untuk melakukan praktik manasik haji.

Usai berkeliling kabah dan masuk miniatur terowongan mina, anak-anak tersebut kemudian berebut untuk duduk di punggung patung onta.

“Suka sekali berwisata ke sini, anak-anak bisa berenang, bermain di air dengan berbagai wahana. Setelah itu bisa belajar manasik haji serta foto-foto di patung ikon singa Singapura serta patung liberty,” tuturnya.

Ikon patung Singa Singapura serta patung liberty  tersebut tampaknya menjadi lokasi wajib untuk berswafoto bagi para pengunjung Surya Yudha Park.

Terlebih, pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan untuk berfoto maupun masuk ke dalam miniatur kabah.

Patung-patung tersebut sudah ada sejak tahun 2012 dan dibuat sendiri oleh orang Banjarnegara. Ukurannya tentu lebih kecil dari patung yang sesungguhnya, namun bentuknya sangat mirip. Patung ikon singa Singapura juga memancarkan air dari mulutnya.

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini, cukup terjangkau hanya Rp 25.000 per orang dan pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana.

Kolam renang juga tersedia yang khusus untuk anak-anak. Dengan kedalaman hanya 0,5 meter dan dilengkapi kursi, meja serta permainan anak-anak lainnya, membuat anak nyaman bermain.

Setelah lelah bermain, tersedia juga pancuran untuk mandi anak-anak yang cukup luas dengan kemasan menarik. Yaitu aneka patung ikan yang memancarkan air bersih untuk mandi.

 

Lihat juga...