hut

Buka Toko Kopi di Kampus, Kenalkan Ragam Kopi Lokal

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PALEMBANG – Meski siang cukup terik, Toko Kopi di Kampus UIN Raden Fatah sudah cukup ramai didatangi mahasiswa. Ada yang sekadar ingin ngobrol dan kongkow ada yang ingin mengerjakan tugas kuliah.

Di sisi lain Iwan Cheristian mulai mempersiapkan toko kopi miliknya, tangannya terlatih saat memilih biji kopi yang akan diracik untuk pengunjung tokonya.

“Saya sangat suka kopi, ragam jenis saya coba. Memang masih banyak jenis yang belum dicoba. Termasuk saya sangat tertarik saat melihat barista meracik. Maka saya tertarik untuk belajar,” kata Iwan Cheristian, pemilik toko kopi Coffee Ukhuwah, Selasa (16/7/2019).

Iwan Cheristian pemilik toko Coffee Ukhuwah – Foto: Muhammad Chandra

Iwan mengatakan, ia memulai bisnis toko kopi bermodal uang Rp 15 juta, uang santunan dari berhenti bekerja di perusahaan swasta. “Toko kopi ini sudah sejak 2015, yang namanya bekerja dengan hobi itu memang nikmat,” imbuhnya.

Di toko kopi miliknya, Iwan memasarkan harga kopi cukup ramah di kantong mahasiswa yang memang pengunjung utama bisnisnya. “Dari Rp 5000, paling mahal cuma Rp 7000,” jelasnya.

Kopi lokal memang mendominasi, lanjut Iwan,  karena memang tempat membelinya tak susah. Kekhasan kopi asal Sumsel memang cukup menjadi daya tarik banyak kalangan.

“Ada kopi Pagaralam, Semende, Lahat, dan Oku Selatan atau kopi Kisam,” katanya.

Namun Iwan membantah kalau toko kopi yang ia buat serta merta hanya soal materi. Ia berkilah membuka toko kopi juga edukasi kepada kalangan mahasiswa UIN. Khususnya tentang ragam kopi Sumsel.

“Di menu jenis kopi ada penjelasan tentang asal kopi serta cara penyajian yang saya rangkum dari berbagai sumber yang saya temui,” ungkapnya.

Sebulan dari bisnis kopi yang ia tekuni bisa menghasilkan laba berkisar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Dirinya berharap pemerintah memberikan perhatian bagi kaum milenial yang tertarik menggeluti bisnis.

“Pemerintah bisa memberi pelatihan atau supporting yang lain, termasuk mempermudah akses pinjaman modal untuk membesarkan bisnis anak muda,” ungkapnya.

Lihat juga...