hut

Di Jateng, Cilacap Paling Banyak Ungkap Kasus Pungli

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Kabupaten Cilacap tercatat menjadi daerah terbanyak mengungkap kasus Pungutan Liar (pungli).

Di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, selama 2018, ada 70 kasus pungli yang diungkap dari Cilacap. Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Jateng, Kombes Pol Budi Yuwono, mengatakan, pengungkapan kasus pungli di Kabupaten Cilacap didominasi oleh pungli terhadap truk-truk angkutan Pertamina, serta parkir yang melebihi ketentuan tarif.

Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Jateng, Kombes Pol Budi Yuwono saat  acara sosialisasi Saber Pungli di Unsoed, Rabu (31/7//2019). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

“Cilacap paling banyak pengungkapan kasus pungli, seperti truk-truk Pertamina yang ditariki uang Rp5.000 saat melintas, itu sudah diungkap oleh Tim Saber Pungli. Kalau Banyumas belum ada yang menonjol,” jelas Kombes Pol Budi Yuwono, saat menghadiri acara sosialisasi PP No.87/2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di  Purwokerto, Rabu (31/7/2019).

Menurut Budi Yuwono, banyak sedikitnya kasus pungli yang terungkap, tergantung pada keaktifan petugas dalam melakukan penindakan. Dan Cilacap termasuk cukup aktif dalam melakukan penindakan Pungli. Untuk tahun ini, Tim Saber Pungli sedang gencar menyasar ke bidang pendidikan. Sehingga dalam berbagai sosialisasi yang dilakukan, selalu melibatkan para siswa, kepala sekolah serta wali murid.

Sampai dengan Juli 2019, Tim Saber Pungli Polda Jateng sudah melakukan sosialisasi di tiga daerah, yaitu Kabupaten Ungaran, Pekalongan dan Solo. Budi Yuwono menegaskan, sebenarnya semua bidang mempunyai potensi untuk melakukan pungli, sepanjang ada niat dan peluang. Tidak hanya di bidang transportasi, instutusi pendidikan juga berpeluang melakukan pungli.

“Pungli itu berpotensi muncul dimana-mana dan tahun ini, kita gencarkan untuk kalangan pendidikan, acara sosialisasi kerjasama dengan Unsoed Purwokerto ini merupakan salah satu upaya untuk pencegahan pungli di dunia pendidikan. Banyak mahasiswa yang juga hadir di acara ini,” tandasnya.

Lihat juga...